Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencegah Dan Mengobati Diare Secara Alami

Mencegah Dan Mengobati Diare Secara Alami - Diare adalah masalah atau gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan. Penyebab terjadinya diare bisa disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Infeksi virus atau pun bakteri inilah yang mengganggu sistem pencernaan perut.

Masuknya virus dan bakteri dalam perut bisa melalui air maupun makanan yang telah terkontaminasi.

Orang yang sedang terkena Diare, biasanya berkisar sekitar 3-4 hari, setelah itu, diare tersebut akan berhenti dengan sendirinya. Namun hal tersebut melihat intensitas dampak yang di sebabkan oleh penyakit atau pun infeksi. Selain itu, durasi waktu serta tingkat keparahan diare juga dilihat dari riwayat kesehatan sang penderita.

Bagi penderita diare, untuk sementara waktu tidak mengkonsumsi buah dan sayuran selama masa diare. Karena kandungan serat yang terdapat pada sayur dan buah dapat memperparah kondisi diare. Dengan tidak mengkonsumsi sayuran buah selama masa diare, hal ini berarti mengistirahatkan sistem pencernaan perut. Selain itu, hindari mengkonsumsi produk susu, karena produk susu kebanyakan mengandung lemak yang sulit untuk dicerna oleh pencernaan perut, kecuali yoghurt.

Mencegah Dan Mengobati Diare Secara Alami

Karena diare bisa sembuh walau tanpa pengobatan, mengubah pola makan terkadang mampu menyembuhkan diare.

Di bawah ini Suhu X paparkan beberapa jenis makanan yang mampu mengobati diare. Yaitu:

1. Teh hijau
Meminum Teh hijau dapat mencegah dan mengobati diare. Bahkan dengan rutin meminum teh hijau, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit serta mencegah gangguan pada sistem pencernaan.

Bahkan, manfaat teh hijau untuk perut adalah teh hijau mampu menenangkan perut, sehingga hal ini dapat mengurangi tingkat keparahan diare serta mempercepat penyembuhan diare.

2. Yoghurt
Bagi anda yang sedang terkena diare sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi yoghurt. Karena yogurt mampu mempercepat proses penyembuhan dari diare.

Dalam Yoghurt terdapat kandungan bakteri baik bagi bagi pencernaan, sehingga bakteri ini akan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Semakin sering dan banyak anda mengkonsumsi yoghurt, semakin baik. Karena bakteri baik juga akan semakin banyak. Dengan banyaknya bakteri baik, maka bakteri jahat yang menjadi penyebab infeksi akan semakin berkurang. Sehingga sistem pencernaan perut akan semakin sehat.

3. Jeruk nipis
Dalam jeruk nipis terdapat kandungan vitamin C yang banyak, sehingga dengan meminum air perasan jeruk nipis, maka akan memberikan dampak yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Untuk mengatasi diare dengan media jeruk nipis, peraslah jeruk nipis untuk diambil airnya, lalu campurkan dengan air hangat dan tambahkan madu.

Ramuan ini mampu mencegah berbagai macam infeksi yang ada di dalam tubuh, terutama sistem pencernaan. Karena mengkonsumsi air jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat mampu menenangkan usus. Sehingga infeksi sistem pencernaan dengan mudah bisa segera diatasi.

Ramuan di atas bukan hanya bisa digunakan untuk mengatasi masalah diare saja, namun juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Barley
Bubur barley mempunyai manfaat dapat mengurangi kadar cairan berlebih dalam perut, sehingga mengkonsumsi bubur barley dapat membuat perut anda menjadi lebih kenyang. Dengan begitu, maka dengan mengkonsumsi bubur barley perut akan menjadi lebih tenang.

5. Air kelapa
Manis dan gurih rasa yang terdapat pada air kelapa ternyata mampu mencegah dan mengobati infeksi dalam pencernaan tubuh. Selain itu, diare dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan cairan (dehidrasi). Cairan yang hilang dalam tubuh dapat diatasi dengan mengkonsumsi air kelapa sehingga hal ini dapat membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik.

6. Jahe
Jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi diare. Manfaat yang terdapat pada jahe sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh kita. Untuk mengatasi masalah diare cukup memarkan jahe dan seduh dengan air hangat. Meminum ramuan jahe campur dengan air hangat mampu membuat perut menjadi tenang. Akan tetapi efek yang akan ditimbulkan biasanya akan sering membuang gas yang berlebih dalam perut, dan ini sehat. Sehingga infeksi dalam pencernaan bisa dicegah.

7. Beras merah atau kentang
Manfaat mengkonsumsi nasi beras merah atau mengkonsumsi bubur kentang, maka hal ini dapat membuat perut menjadi lebih tenang dan memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan begitu, diare akan mudah untuk segera diatasi.

Diare pada umumnya tidaklah begitu berbahaya. Namun bila terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka akan menyebabkan yaitu dehidrasi, dan ini yang berbahaya. Ketika anda mengalami diare dalam waktu lebih dari 4 hari, maka sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter ahli.

Baca juga : Makanan yang menyebabkan Perut kembung

Sebenarnya pencegahan agar anda tidak terkena diare sangatlah mudah. Ada dua metode dasar untuk mencegah diare, yaitu:
  1. Hindari mengonsumsi makanan yang dijual di jalanan (karena rawan kotor)
  2. Mencuci tangan sebelum makan.
Cara lain untuk mencegah diare adalah dengan tidak menyimpan makanan dalam waktu yang terlalu lama.

Nah, itulah ulasan dari Suhu X mengenai Cara Mencegah Dan Mengobati Diare Secara Alami. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mencegah Dan Mengobati Diare Secara Alami"

Berlangganan via Email