Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sering Minum Es, Ini Dia Bahaya Yang Mengintaimu

Dampak Negatif Sering Minum Es

Bahaya sering minum Es - Meminum Minum dingin atau minum es dikala matahari sedang panas-panasnya, sungguh membuat tubuh terasa segar bugar dan hilang dahaga serta tenggorokan menjadi lega. Sama halnya ketika kita selesai melakukan aktivitas yang melelahkan seperti habis berolahraga yang melelahkan, seperti habis lari, sepak bola, basket, biasanya kita meredakan tubuh yang kelelahan dan dahaga kita sering minum air es atau minuman dingin.

Perilaku semacam ini boleh-boleh saja, akan tetapi jangan sampai dijadikan kebiasaan, karena ketika kita menjadikan kebiasaan meminum air dingin atau minum es, ada banyak bahaya yang sedang mengintai di balik kebiasaan minum air es.

Sering Minum Es, Ini Dia Bahaya Yang Mengintaimu

Berikut ini Suhu X uraikan Bahaya Sering Minum Es

Diantaranya :

1. Kehilangan nutrisi tubuh

Kondisi tubuh dalam skala 36 derajat Celcius adalah suhu tubuh normal manusia. Jika anda minum air dingin atau es, maka tubuh anda membutuhkan energi lebih banyak untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Di samping itu, tubuh juga bertugas mencerna makanan dan menyerap nutrisi, sudah pasti hal ini membutuhkan energi yang sangat tinggi, sehingga dengan anda meminum es atau air dingin membuat energi anda terbagi menjadi dua. Akibatnya, tubuh tidak optimal dalam menyerap nutrisi.

2. Tubuh menjadi merasa tidak nyaman

Makanan atau minuman yang hangat sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pencernaan makanan, karena proses pencernaan berlangsung hangat. Sehingga ketika ada makanan atau minuman yang hangat, maka proses pencernaan menjadi lancar. Adapun minuman dingin atau air es hanya akan menghilangkan proses panas yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga dengan kita mengonsumsi makanan atau minuman dengan suhu yang lebih rendah daripada suhu ruangan atau suhu tubuh, maka akibatnya adalah tubuh menjadi merasa tidak nyaman.

3. Mempersempit usus

Kebiasaan meminum minuman dingin atau air es dapat menyebabkan dinding usus mengalami penyempitan. Penyempitan pada dinding usus akan menyebabkan proses pencernaan seperti proses penyerapan dan penghancuran makanan dalam usus tidak optimal dan tidak lancar.

Dalam makanan terkandung minyak alami yang di dalamnya terdapat partikel yang bermanfaat bagi tubuh, ketika makanan tersebut terkena minuman dingin atau air es, maka makanan yang telah kita konsumsi akan menjadi beku, akibatnya terjadi tumpukan lemak pada saluran usus. Tumpukan lemak inilah yang memicu terjadinya penyempitan usus yang nantinya akan mengganggu proses pencernaan.

4. Menjadikan perut buncit

Dalam perut kita ada arena tumpukan lemak. Tumpukan lemak yang ada dalam perut diperoleh dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tumpukan lemak berfungsi sebagai penghangat. Penghangat di sini adalah menghangatkan setiap makanan yang masuk dalam perut supaya mudah dicerna dan diproses dalam usus.

Ketika anda suka atau sering minum minuman dingin atau es, maka tumpukan lemak ini akan menghangatkan air dingin atau es yang masuk dalam perut. Semakin anda sering minum minuman dingin atau air es, maka semakin bersikeras lemak ini untuk menghangatkan air dingin atau es, maka tubuh menyediakan tumpukan lemak yang lebih banyak lagi dalam perut untuk bisa mengimbangi dan menghangatkan air dingin/es yang anda minum.

Jika anda jarang bergerak dan berolahraga, maka tumpukan lemak perut inilah yang membuat perut anda menjadi buncit.

5. Membuat perut kembung

Suhu tubuh akan selalu beradaptasi dengan makanan yang masuk ke dalam perut, sehingga ketika anda meminum air dingin atau air es, tubuh akan merubah pola kerja organ pencernaan. Di lambung terdapat selaput lendir, ketika ada makanan atau minuman yang masuk dengan suhu dingin, maka ia akan mengalami kontraksi (pengerutan), ketika terjadi pengeruta, maka hal ini akan menyebabkan otot perut mengalami kejang atau kram.

Suhu dingin yang masuk dalam perut akan menimbulkan reaksi pada enzim, sehingga cairan lambung pada lambung akan menghasilkan gas di dalam perut, inilah yang menyebabkan perut menjadi kembung

Baca juga : Makanan yang menyebabkan Perut kembung

6. Menyebabkan rasa haus berlebih

Ketika rasa dahaga sedang melanda, lalu air es yang dibuat sebagai pelepas rasa dahaga, maka rasa haus dan dahaga akan semakin meningkat, sehingga hal ini akan membuat kita ingin terus menambah air es, padahal hal ini akan mengganggu sistem pencernaan tubuh.

Efek samping lainnya adalah hilangnya cairan tubuh lebih cepat, sehingga rasa haus akan cepat muncul kembali dan kembalinya rasa haus datangnya lebih cepat daripada biasanya.

Jadi, yang paling baik adalah setelah anda melakukan aktifitas berat seperti olahraga maka yang paling baik minum air biasa secukupnya, ini akan membuat cairan tubuh yang hilang kembali lagi.

7. Memicu radang tenggorokan

Kebiasaan minum air es dapat menyebabkan munculnya lendir pada lapisan kerongkongan. Lendir ini sangat beresiko, karena bisa membuat saluran terkena infeksi dan radang.

8. Pembekuan otak

Minum minuman dingin atau air es bisa menyebabkan migrain dan kepala pusing. Hal ini disebabkan karena terganggunya fungsi fisiologis.

Otak adalah organ yang sangat sensitif terhadap suhu, sehingga ketika anda minum air es, maka akan berakibat pada aliran darah yang menuju ke otak. Sehingga otak menjadi terganggu dan hal inilah yang menjadi pemicu pembekuan otak.

Baca Juga : Obat Sakit Kepala Alami, Tanpa Efek Samping dan Mudah Banget

9. Mengakibatkan pusing pusing

Memiliki kebiasaan minum air es bisa menimbulkan pusing, bukan cuma kurang darah saja yang menyebabkan pusing.

Kenapa bisa menyebabkan pusing?

Karena air es dapat mengganggu metabolisme. Metabolisme tubuh yang terganggu akan menyebabkan sistem syaraf pusat tidak siap menerima perubahan suhu yang terjadi secara singkat dan spontan.
Bagi para penderita darah rendah atau darah tinggi, disarankan untuk tidak meminum air dingin atau air es.

10. Detak jantung menjadi pelan

Kebiasaan minum air es dapat menyebabkan detak jantung menjadi lebih pelan dari biasanya. Hal ini dikarenakan air es bisa merangsang saraf fagus yang berperan mengontrol aktifitas tak sadar seperti detak jantung.

Sebaiknya tidak diminum sehabis olahraga

Ketika kita sedang berolahraga, otot tubuh kita dalam keadaan tegang serta suhu tubuh lebih panas dari biasanya, sedangkan di waktu bersamaan sedang terjadi proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Setelah olahraga, tubuh memerlukan pendingan suhu beberapa waktu untuk  kembali menjadi normal kembali. Ketika dalam kondisi pendinginan kondisi tubuh dan anda memasukkan air es ke dalam tubuh, maka tubuh akan merubah suhu dalam tubuh secara spontan, dan ini akan mengganggu proses metabolisme tubuh. Proses spontanitas dalam tubuh semacam ini akan mengganggu kelancaran aliran darah, menyempitnya pembuluh darah, dan kemungkinan akan menyebabkan kejang atau kram perut.

Cukup sekian dulu ulasan Suhu X mengenai Bahaya Sering Minum Es, terkait Dampak Negatif Sering Minum Es. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Sering Minum Es, Ini Dia Bahaya Yang Mengintaimu"

Berlangganan via Email