Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Menu Sarapan Sehat Untuk Pelaku Diet

Diet Sehat


Menu Sarapan Sehat Untuk Pelaku Diet - hampir kebanyakan masyarakat memiliki pandangan bahwa orang yang terlihat menarik itu adalah orang yang memiliki berat badan yang ideal, Tidak kurus dan juga tidak gembrot atau gemuk.

Bahkan sebagian yang lain menganggap bahwa seseorang yang memiliki postur tubuh yang gemuk atau gembrot sebagai sebuah aib, sehingga banyak Bulian yang diarahkan kepada orang yang memiliki postur atau Body gemuk. Alasan bully-an tersebut karena body yang gemuk atau gembrot terlihat tidak menarik dan terkesan sebuah kekurangan.

Karena sebuah alasan inilah, maka banyak masyarakat yang berusaha mati-matian mempertahankan dan mendapatkan body yang ideal (terutama kaum wanita), sehingga mereka cara yang mereka lakukan berbagai ragam cara yang, mulai dari yang mahal sampai yang tanpa mengeluarkan uang, mulai dari yang masuk akal sampai yang tidak masuk akal, semua itu demi mendapatkan berat badan yang ideal.

Punya keinginan body ideal dengan pola diet sesuai yang mereka ketahui, kadang mereka mendapatkan hasilnnya. Namun, Tak jarang yang malah tak kunjung berhasil menghasilkan body idel.

Karena kekurangan informasi dan pengetahuan, sehingga mereka salah dalam melakukan pola diet. Alih-alih mendapatkan badan ideal, justru malah menyebabkan menurunnya kesehatan tubuh karena mereka mengabaikan asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sudah pasti ini bukan metode diet sehat. Karena memberikan akibat menyiksa diri sendiri.

Diet yang tepat dan sehat adalah terpenuhinya nutrisi dan gizi dengan cara pandai dalam memilih menu sarapan dan makanan. Sebagai contoh sarapan di pagi hari, dengan menu yang tepat, penuh dengan nutrisi dan gizi yang diperlakukan tubuh, sudah bisa memberikan suplai energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan segala aktifitas hingga siang hari tanpa harus full-nya lambung dengan menu sarapan pagi.

Baca Juga : Diet Soda Sangat Berbahaya bagi kesehatan tubuh

Kali ini, Suhu X akan uraikan 7 Menu Sarapan Sehat Untuk Diet yang bisa anda terapkan untuk membantu mendapatkan berat badan yang ideal, diantaranya :

7 Menu Sarapan Sehat Untuk Pelaku Diet

1. Pisang

Buah pisang sangat baik dikonsumsi sebagai sarapan diet yang sehat. Karena kandungan potasium yang terdapat pada buah pisang bermanfaat  menurunkan kadar gula dalam darah.

Selain itu, rasa manis alami yang ada pada pisang sudah cukup untuk menggugah selera makan, jadi anda tak perlu lagi menambahkan pemanis pada pisang.

2. Semangka

Buah semangka yang penuh dengan kandungan air serta manis rasanya ini bisa anda masukkan ke dalam menu sarapan sehat untuk diet. Kandungan air yang tinggi pada buah semangka ini bisa mencegah tubuh dari dehidrasi. Dalam buah semangka terdapat kandungan lycopene. Lycopene memegang peranan penting dalam menjaga fungsi jantung, mata dan juga bermanfaat mencegah kanker.
Selain itu, buah semangka memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga tidak akan menyebabkan kelebihan berat badan ketika anda mengonsumsinya dengan berlebihan.

3. Strawberry

Jika anda kesulitan mendapatkan buah semangka, anda bisa menggantinya dengan buah strawberry. Buah strawberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, Disamping itu, kandungan yang terdapat pada buah semangka hampir sama juga terdapat pada buah strawberry misalnya sama-sama rendah kalori.
Jika anda mengkonsumsi buah strawberry,  waktu yang tepat untuk sarapan dengan buah strawberry adalah antara setengah jam hingga satu jam setelah anda bangun tidur.

Sarapan pada waktu tersebut sangatlah pas, karena akan mencegah anda merasa lapar sebelum makan siang. Oleh sebab itu, pastikan anda rutin mengkonsumsinya buah strawberry di pagi hari.

4. Oatmeal

Bila sebelumnya anda mengonsumsi roti atau nasi untuk sarapan, mulai sekarang gantilah menu tersebut dengan Havermut (Sereal sarapan) atau Oatmeal. Manfaat yang akan anda dapatkan dengan mengkonsumsi Oatmeal adalah terjaganya kadar kolesterol dalam tubuh serta terjaganya kesehatan jantung, hal ini dikarenakan oatmeal mengandung beta-glucan. Beta-glucan adalah sejenis serat yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, kandungan lain yang terdapat pada oatmeal adalah asam lemak, omega-3, potasium dan folat. Semua kandungan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh guna  menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga : Bahaya Minuman Bersoda, Terutama Formulasi Khusus Diet

Namun, perlu anda perhatikan ketika mengonsumsi oatmeal, yaitu tidak usah ditambah dengan gula, karena gula tinggi akan kandungan kalori. anda bisa menggantinya dengan sedikit madu atau susu sebagai pengganti gula.

Di dalam setiap 300-400 kalori yang diperoleh dari oatmeal, 50% diantaranya berupa karbohidrat.  sehingga anda bisa mengira-ngirakan sendiri berapa jumlah kalori yang anda butuhkan pada saat sarapan.

5. Yogurt

Tidak salah anda sarapan menggunakan yogurt, karena pada yogurt terdapat kandungan protein yang sangat tinggi, singkat dengan mengkonsumsi yogurt maka perut Anda akan merasa kenyang dalam durasi yang lebih lama.

Tubuh memerlukan protein sekitar 20 GR atau sekitar 20% dari jumlah total kalori. Sehingga dengan anda sarapan di pagi hari dan mengkonsumsi yogurt maka kebutuhan tubuh anda akan protein sudah terpenuhi.

Ketika anda mengkonsumsi yogurt di pagi hari, usahakan anda tidak menambahkan gula ke dalam yogurt. Dengan anda menambahkan gula pada yogurt maka justru akan membahayakan kesehatan anda. Dengan tidak menambahkan gula maka anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Jika Anda memang menginginkan pada yoghurt tersebut ada rasa manis, maka usahakan ditambah dengan madu atau dengan buah segar.

6. Telur

Manfaat yang ada pada telur hampir sama dengan yogurt. Baik telur ataupun yogurt keduanya sama-sama sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Karena keduanya hampir sama dalam kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya, maka mengkonsumsi telur juga dapat menyebabkan efek kenyang dalam durasi yang lebih lama. Untuk penyajiannya, banyak caranya, Anda tinggal pilih dan terserah karena anda.  Mau telur rebus, telur goreng atau telur ceplok biasa (Semua terserah padamu). Disamping kaya akan protein, telur juga kaya kandungan vitamin D, sehingga dengan rutin mengonsumsi telur untuk sarapan, maka hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda.

7. Selai kacang dan almond

Menu sarapan terakhir adalah sarapan dengan menggunakan selai kacang dan almond. Selai kacang dan almond kaya akan protein nabati dan lemak tak jenuh, sehingga sangat baik dikonsumsi dan bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol.

Baca Juga : Jenis Sayuran ini Sangat Cepat Untuk Menurunkan Berat Badan

Nah, uraian 7 Menu Sarapan Sehat Untuk Diet yang telah disebutkan di atas semoga bisa membantu anda dalam menjalankan program diet. Dengan demikian, anda tidak harus menyiksa diri dengan meninggalkan sarapan pagi demi mendapatkan berat badan yang ideal.

Post a Comment for "7 Menu Sarapan Sehat Untuk Pelaku Diet"

Berlangganan via Email