Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Alami Untuk Melegakan Sakit Tenggorokan

Sakit Tenggorokan


Cara Alami Untuk Melegakan Sakit Tenggorokan - Mencegah lebih baik daripada mengobati adalah peribahasa yang sangat bijak sekali. Terkait dengan peribahasa ini, menghindari sebuah penyakit adalah metode yang cukup baik sekali. Dalam ulasan kali ini adalah sakit tenggorokan, sakitnya sangat menyiksa sekali, sehingga siapapun orangnya, yang sudah terkena penyakit ini, bisa dipastikan nafsu makannya berkurang. Hal ini wajar adanya, karena sakit tenggorokan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa di tenggorokan di saat menelan sesuatu.

Melakukan tindakan yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan adalah tindakan preventif yang sangat baik sekali, seperti memakan permen pelega tenggorokan, ini juga termasuk tindakan preventif, karena hal tersebut dapat melegakan tenggorokan serta merangsang produksi air liur. Kalau Anda memilih menghisap atau memakan permen pelega tenggorokan, sebaiknya pilih permen pelega tenggorokan yang bebas gula.

Alkohol dan kafein adalah zat yang dapat menghambat kemampuan tubuh dalam melawan infeksi maupun iritasi yang menyebabkan sakit tenggorokan. Jadi, langkah terbaiknya adalah hindari mengkonsumsi alkohol dan Kafein di saat anda sedang mengalami sakit tenggorokan.

Cara Alami Untuk Melegakan Sakit Tenggorokan

Di sini suhu X akan mengulas beberapa cara alami untuk melegakan sakit tenggorokan, meliputi:


1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam makasudnya adalah air hangat yang dicampur dengan garam. Dengan metode semacam ini, maka rasa sakit pada tenggorokan dapat diminimalisir bahkan hilang rasa sakitnya.

Rasa sakit yang ada pada tenggorokan dikarenakan adanya peradangan dan pembengkakan pada sel-sel dalam selaput lendir. Sehingga dengan anda berkumur dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam, maka hal ini dapat mengurangi pembengkakan.

Fungsi dari berkumur dengan air garam adalah menarik keluar kandungan air yang nantinya akan menyusutkan sel-sel yang membengkak serta  meredakan rasa sakit di tenggorokan.

Di samping itu, berkumur dengan menggunakan air garam dapat membersihkan lendir yang berlebihan serta mencegah terjadinya hidung tersumbat.

2. Minum air lemon dan madu

Untuk meredakan sakit tenggorokan, Anda juga bisa menggunakan campuran air lemon hangat dengan madu. Air lemon memiliki sifat anti bakteri sehingga bisa digunakan sebagai antibodi serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan madu dapat mengurangi rasa sakit yang berlebihan pada tenggorokan.

3. Cuka apel

Selanjutnya menggunakan cuka apel untuk melegakan sakit tenggorokan. Caranya: campurkan 2 sendok makan cuka apel pada segelas air hangat. Minumlah ramuan ini tiap pagi dan sore hari.

Selain itu, Mencampur cuka apel dengan beberapa potong bawang putih juga bisa anda lakukan guna untuk melegakan sekaligus melawan sumber dari sakit tenggorokan.

4. Bawang putih

Bawang putih sudah terkenal kandungan dan khasiatnya. Anti bakteri dan anti inflamasi yang terdapat pada bawang putih sangat baik sekali,  sehingga sangat tepat apabila anda gunakan Untuk melegakan tenggorokan yang sakit, khususnya yang sakit karena infeksi.

Untuk penggunaan bawang putih, anda cukup menghisapnya, sebagainya anda menghisap permen. Dengan melakukan cara seperti ini, maka tenggorokan anda akan menjadi lega dan pembengkakan yang terjadi akan berkurang. Bawang putih mengandung senyawa alicin, senyawa inilah yang mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab radang dan sakit pada tenggorokan.

5. Penguapan

Uap yang keluar dari air panas bisa anda gunakan untuk meringankan sakit tenggorokan, terlebih lagi sakit tenggorokan disebabkan oleh suhu udara yang terlalu kering.
Caranya sangat mudah, yaitu Anda rebus air kira-kira satu panci. Kemudian teteskan minyak kayu putih secukupnya, kemudian hirup uap yang keluar selama beberapa menit.

Manfaat yang bisa anda dapatkan adalah Selain melegakan sakit tenggorokan, cara seperti ini juga mampu melegakan pernapasan.

6. Teh licorice

Akar licorice bersifat anti virus serta anti inflamasi, sehingga sangat baik apabila diminum dengan cara dijadikan teh. Teh akar licorice mampu mengurangi pembengkakan maupun iritasi serta menenangkan selaput lendir. Sehingga dengan anda minum teh akar licorice, maka sakit tenggorokan dapat dicegah dan sakit pada tenggorokan menjadi berkurang.

7. Baking soda

Baking soda, memang dianggap sebagai obat rumahan yang mudah, murah, namun baking soda cukup efektif untuk melegakan sakit tenggorokan.

Mengapa bisa begitu?

Karena baking soda memiliki sifat antibakteri yang mampu membunuh bakteri-bakteri. Partikel yang membuat tenggorokan menjadi sakit adalah adanya bakteri pada tenggorokan. Cara mengatasi sakit tenggorokan dengan baking soda, cukup campurkan baking soda dan garam pada segelas air hangat. Gunakan ramuan ini untuk berkumur.

8. Mengunyah cengkeh

Sejak jaman dahulu kala, ilmu pengobatan tradisional China telah menggunakan cengkeh sebagai bahan obat kesehatan. Pada Cengkeh terdapat kandungan senyawa euganol, zat ini bermanfaat mampu mengurangi rasa sakit serta membunuh berbagai bakteri yang menyebabkan timbulnya rasa sakit. Dengan mengunyah Cengkeh, maka kandungan cengkeh akan berbaur dengan air liyur, yang pastinya akan tertelan melalui tenggorokan yang nantinya dapat mengobati sakit tenggorokan. Bahkan, rasa sakit yang ada di mulut, seperti sariawan, bibir pecah-pecah serta sakit gigi juga bisa diatasi dengan cara mengunyah cengkeh.

9. Air buah delima

Buah delima sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, karena buah delima mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu Rhoma buah delima mengandung antioksidan alami serta mengandung astringent. Kandungan antioksidan dan astringent inilah yang nantinya berperan dalam membasmi mikroorganisme penyebab sakit tenggorokan dan melegakan sakit tenggorokan.

Cara penggunaan buah delima Untuk melegakan tenggorokan adalah
Sediakan buah delima yang sudah dipecah atau dipotong-potong
Rens dalam 1 liter air
Gunakan air Ramuan ini untuk minum maupun untuk berkumur.

10. Teh chamomile

Teh chamomile memiliki kandungan senyawa alami yang mampu membunuh bakteri serta mengurangi terjadinya peradangan. Di samping itu, teh chamomile juga memiliki sifat Anticholinergics atau antispasmodc. Dengan meminum Teh chamomile, maka sakit tenggorokan akan mereda, khasiat lainnya adalah, dengan meminum teh chamomile, maka dapat membuat anda menjadi lebih rileks.

11. Jahe

Jahe memiliki kemampuan mengeluarkan lendir berlebihan dalam system pernapasan anda dan lendir berlebihan dalam tenggorokan, sehingga dengan anda meminum jahe,  maka dapat mengurangi terjadinya peradangan serta mengusir rasa sakit di tenggorokan.

Meminum Air jahe yang disedu, maka dapat membuat tenggorokan anda menjadi lebih nyaman dan akan mempercepat proses penyembuhan.

12. Bubuk cabai

Cara ini bisa juga anda terapkan, tapi anda harus betah dan kuat menahan pedas. Kalau anda tidak kuat, mending pakai cara di atas saja.

Mengapa pakai bubuk cabai?

Karena dalam bubuk cabai terdapat kandungan capsaicin. Zat ini mampu mengurangi rasa sakit yang tidak bisa diatasi dengan menggunakan obat.
Selain itu, capsaicin juga dapat mengencerkan dahak, dengan begitu, maka tenggorokan akan menjadi lega.

Nah, itulah 12 Cara Alami Untuk Melegakan Sakit Tenggorokan yang bisa suhu X uraikan kali ini, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Alami Untuk Melegakan Sakit Tenggorokan"

Berlangganan via Email