Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sehat dan Cantik dengan Kemangi

Tampil sehat dan cantik adalah idaman semua wanita, sehingga banyak cara yang dilakukan untuk senantiasa sehat dan tetap cantik. Sebenarnya, daun kemangi bisa kita manfaatkan untuk media kesehatan dan kecantikan, karena begitu banyaknya nutrisi yang terkandung dalam daun kemangi.

Daun kemangi (Ocimum sanctum) adalah hibrida antarspesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia dikenal juga sebagai O. basilicum var. anisatum Benth. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. (https://id.wikipedia.org/wiki/Kemangi)

Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengenal kemangi beserta manfaat yang dimilikinya, diantaranya untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

Hampir semua masyarakat Indonesia memanfaatkan daun kemangi untuk dijadikan menu lalapan atau sebagai bahan tambahan untuk masakan pepes.

Mengkonsumsi daun kemangi bagi sebagian masyarakat Indonesia dapat meningkatkan nafsu makan, Ini adalah anggapan mereka. Selain itu, dengan menanam pohon kemangi di pekarangan sekitar rumah dapat mengusir serangga dan nyamuk. Dan untuk studi mengusir serangga dan nyamuk, medis mengatakan benar adanya.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini Suhu X uraikan kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada daun kemangi (dalam setiap 10 gr) diantaranya :

  • Vitamin A : 750 RE
  • Vitamin B : 0,08 mg
  • Vitamin C : 50 mg
  • Karbohidrat : 8,9 gr
  • Kalsium : 45 mg
  • Lemak : 0,5 gr
  • Energi : 46 kkal
  • Protein : 4,0 gr
  • Zat Besi : 2 mg
  • Fosfor : 75 mg
  • Air : 85 gr


Selain itu, kandungan senyawa yang terdapat dalam daun kemangi diantaranya :
  • Sitrat
  • Sineol
  • Atsiri
  • Zat Arigin
  • Senyawa Anetol
  • Zat Flavonoid
  • Boron
  • Eugenol
  • Betakarotin
  • Zat triptofan,
  • dll


Daun kemangi mengandung provitamin A yang tinggi, di mana vitamin A adalah salah satu antioksidan selain Vitamin C dan vitamin E. sehingga mengkonsumsi daun kemangi memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Baca juga : Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Berikut ini Suhu X uraikan manfaat kesehatan daun kemangi, diantaranya :

1. Menjaga Kesehatan Mata

Secara kadar kandungan, Vitamin A yang terdapat pada pada daun kemangi tidak sebanyak vitamin A pada wortel, namun kandungan vitamin A pada daun kemangi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Untuk mendapatkan manfaat vitamin A yang terdapat pada daun kemangi, cukup dimakan langsung atau diminum dalam bentuk minuman jus.

2. Mengatasi Bau Mulut Yang Tidak Sedap

Menghilang bau mulut dengan daun kemangi sangatlah mudah, cukup dengan rutin mengkonsumsi daun kemangi, maka bau mulut yang tak sedap akan segera lenyap. Dan ini termasuk metode tradisional yang sudah terbukti dan dilakukan oleh nenek moyang kita.

3. Melawan Menopouse Dini

Daun kemangi memiliki aroma khas yang tidak dimiliki oleh daun yang lain, di samping itu, dalam daun kemangi tersapat kandungan zat triptofan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah menunda menopause.

Oleh sebab itu, dengan rutin mengonsumsi daun kemangi setiap hari, maka anda bisa menunda masa menopause.

Manfaat zat triptofan yang terdapat pada daun kemangi dapat mengangkat sel kulit mati serta mencegah kulit mengalami kekeriputan, sehingga dengan rutin mengkonsumsi daun kemangi, anda akan tetap terlihat cantik dan awet muda.

4. Mengobati Pilek dan Batuk

Biasanya, daun kemangi disajikan sebagai lalapan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, sedangkan untuk mengatasi pilek dan batuk Anda bisa mengolahnya bukan hanya dibuat sebagai lalapan.

Untuk mengobati pilek dan batuk, Anda bisa mengolahnya menjadi wedang daun kemangi. Ini adalah cara yang terbaik. Karena pada daun kemangi terdapat zat yang bisa mengatasi bakteri penyebab penyakit pilek dan batuk serta menjadikan tubuh menjadi hangat di saat cuaca sedang dingin. Meminum wedang kemangi bisa anda lakukan ketika cuaca sedang dingin.

5. Mengobati Keputihan

Pada daun kemangi terdapat kandungan antibiotik yang alami, sehingga ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kuman yang bisa menyebabkan keputihan.

Untuk mendapatkan manfaat daun kemangi dan mengambil kandungan antibiotik yang ada di dalamnya, cukup dengan mengonsumsi daun kemangi secara rutin persamaan dengan mengkonsumsi atau makan nasi.

Bukan hanya itu saja, manfaat dari mengkonsumsi daun kemangi juga bisa menjaga kesehatan alat reproduksi wanita serta membuat alat reproduksi wanita berbau sedap. Tentunya hal ini akan memberi dampak positif bagi keharmonisan rumah tangga.

6. Sebagai Antiradang

Daun kemangi bisa bermanfaat sebagai antibiotik alami dalam tubuh karena mengandung zat cineole myrcene dan eugenol. Zat ini bisa berperan sebagai obat anti peradangan.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kemangi memiliki kandungan betakaroten dan magnesium yang cukup tinggi. Zat ini berfungsi menjaga kesehatan jantung. Oleh sebab itu, seseorang yang rutin mengonsumsi daun kemangi, baik sebagai lalapan atau minum wedang, biasanya memiliki jantung yang sehat.

8. Mengatasi Gangguan Pernafasan

Gangguan pernapasan seperti asma dan bronkitis bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun kemangi. Hal ini dikarenakan dalam daun kemangi terdapat kandungan senyawa yang berfungsi untuk melonggarkan lendir akumulasi, mengontrol batuk dan mengurangi rasa sesak pada organ paru-paru.

9. Mengatasi Masalah Gigi dan Mulut

Sifat antibakteri yang terdapat pada daun kemangi bisa menghilangkan bakteri dalam mulut serta dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan mulut dan gigi. Selain itu, manfaat dari mengonsumsi daun kemangi bisa menjadikan gusi menjadi lebih kuat serta mempercepat penyembuhan ulkus (Tukak saluran pencernaan, disebut juga: Peptic ulcer)

10. Mengurangi Resiko Batu Ginjal

Dalam sebuah penelitian menegaskan bahwa daun kemangi bisa mengurangi resiko batu ginjal. Hal ini dikarenakan daun kemangi bisa mengurangi kadar asam urat dalam darah. Selain itu, daun kemangi juga bisa digunakan untuk detoksifikasi.

11. Mengatasi Mata Merah

Untuk mengatasi mata merah atau konjungtivitis Anda bisa menggunakan daun kemangi.

Caranya, cukup dengan merendam beberapa daun kemangi ke dalam semangkok air bersih, lalu gunakan air rendaman daun kemangi tersebut untuk obat cuci mata.

12. Mengatasi Sakit Kepala

Ketika anda sedang mengalami sakit kepala, manfaatkan saja daun kemangi, karena daun kemangi bisa mengatasi sakit kepala.
Caranya cukup mudah, yaitu haluskan beberapa daun kemangi lalu campur dengan pasta cendana, lalu tempelkan ke dahi kepala.

13. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Daun kemangi juga bisa mengatasi sakit tenggorokan. Caranya cukup rebus air dan beberapa lembar daun kemangi, lalu gunakan air rebusan ini untuk berkumur.

14. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Daun kemangi sangat efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan termasuk untuk mengatasi perut kembung, kram perut, disentri, gas dan dispepsia.

Baca juga : Manfaat Selada Air untuk Kesehatan

Efek Samping Daun Kemangi :

Meskipun banyak manfaat yang terdapat dalam daun kemangi, di sisi lain daun kemangi memiliki efek samping yang negatif. Efek negatif ini bahkan bisa sampai pada taraf membahayakan bagi sebagian orang dengan beberapa kondisi tertentu.

Bagi anda yang sedang mengalami penyakit gula atau diabetes, mengkonsumsi daun kemangi dapat memberikan efek pusing, karena kemangi bisa mengurangi kadar gula darah. Bagi anda yang sedang mengalami diabetes, lebih baik anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter Anda, sebelum Anda mengkonsumsi daun kemangi.

Bagi Ibu yang sedang hamil, sebaiknya tidak mengonsumsi daun kemangi selama masa kehamilan, walaupun selama ini belum ada bukti kuat mengenai efek samping daun kemangi pada ibu hamil dan kehamilannya.

Jika anda orang yang harus mengkonsumsi obat-obatan tertentu secara rutin, sebelum anda mengkonsumsi daun kemangi, ada baiknya jika berkonsultasi dengan dokter anda. Karena bisa saja ada efek samping yang akan ditimbulkan akibat interaksi obat dan daun kemangi.

Baca juga : Buah, Sayur dan Biji-bijian Yang kaya Asam Folat

Nah mungkin itu saja informasi dari suhu X mengenai Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Berlangganan via Email