Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aneka Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung Sehat


Aneka Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung - Mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan jantung sangatlah penting, karena aktivitas tubuh bisa optimal tergantung dari kesehatan jantung. Jantung merupakan organ yang paling penting, karena jantung adalah organ tubuh yang memiliki peranan inti bagi tubuh. Tugas jantung bagi tubuh adalah mentransformasi darah ke seluruh tubuh. Sebagai pembawa nutrisi dan oksigen, darah teralirkan berkat pompa jantung ke seluruh organ tubuh sekaligus mengangkut zat-zat sisa.

Jika jantung sehat, maka organ tubuh yang lain akan bekerja secara optimal, karena dengan sehatnya jantung, maka masalah kardiovaskular akan terhindar, dan hal ini akan memberikan dampak yang sangat berbahaya apabila jantung anda tidak sehat.

Untuk membuat dan menjadikan jantung selalu dalam keadaan sehat, maka menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh, juga menjadi penting adanya.

Pola makan yang tidak sehat serta gaya hidup yang tidak sehat menjadi pemicu utama terjadinya penyakit jantung. Akan tetapi, apabila anda mau merubah kebiasaan yang tidak sehat serta mengkonsumsi makanan yang sehat (kaya akan nutrisi serta non lemak, minim garam dan karbohidrat ) serta rutin berolahraga, maka hal ini akan memberikan dampak positif pada kesehatan jantung.

Sedangkan mengkonsumsi makanan berlemak maupun makanan olahan, akan mengakibatkan kesehatan jantung menurun. Apalagi bila aktivitas yang menyita banyak gerak atau olahraga, tidak/jarang anda lakukan, maka hal ini akan memperparah keadaan.

Aneka Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Aneka jenis makanan untuk menjaga kesehatan jantung, adalah:

Jenis Buah

Buah Alpukat

Buah alpukat kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh. Asam lemak tak jenuh dapat memberikan manfaat yang positif dan sangat baik sekali untuk menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL dalam tubuh. Selain itu, buah alpukat juga mengandung nutrisi dan multi vitamin serta mineral yang baik sekali untuk kesehatan jantung.

Buah Apel

Buah Apel termasuk buah yang masuk dalam kategori buah kaya antioksidan. Polifenol adalah senyawa antioksidan yang terdapat dalam buah apel. Senyawa polifenol tepatnya banyak terdapat di bagian kulit apel. Jadi dengan mengkonsumsi buah apel beserta kulitnya secara rutin mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh lebih dari 40%. Dalam buah Apel juga terdapat kandungan pectin dan serat. Manfaat pectin bagi tubuh adalah keikut sertaannya dalam mengikat dan mengeluarkan kolesterol jahat.

Blueberry

Pada blueberry terdapat kandungan
Antosianin. Antosianin adalah senyawa kimia yang memberikan warna biru keunguan pada buah blueberry. Antosianin merupakan antioksidan yang kuat sekali untuk mengurangi inflamasi.

Selain itu, blueberry juga kaya akan kandungan vitamin C dan juga serat, kandungan vitamin C serta serat yang terdapat dalam blueberry bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh dan tekanan darah, sehingga membuat jantung tetap sehat.

Kismis

Kismis sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan organ jantung, Karena kismis kaya akan kalium. Fungsi Kalium pada tubuh sebagai vasodilator alami yang dapat  membuat pembuluh darah elastis, mengurangi tekanan darah, serta mencegah terjadinya pembekuan darah.

Cokelat hitam

Cokelat hitam yang dihasilkan dari kakao memiliki kandungan yang kaya akan senyawa flavonoid. Manfaat flavonoid bagi tubuh mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. Ketika darah dalam tubuh terjadi pembekuan darah, maka akan berakibat pada tersumbatnya pembuluh darah, dan hal ini yang akan menjadi pemicu munculnya stroke maupun serangan jantung.

Dalam cokelat hitam terdapat pula kandungan epicatechin yang bermanfaat dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Cara kerja
epicatechin dalam tubuh dengan cara meningkatkan kadar oksida nitrat.

Jenis Sayuran

Brussel sprout

Sayur Brussel sprout ini memiliki rasa yang cukup pahit, namun walaupun pahit, manfaat yang disajikan oleh brussel sprout sangat bermanfaat bagi tubuh, karena dapat menyehatkan.
Sayur Brusel sprout memiliki sifat anti-inflamasi, di samping itu mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan polifenol yang terdapat dalam brussle sprout sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh kita.

Sayuran berdaun hijau

Semua jenis sayuran yang berdaun hijau, seperti bayam, kale maupun sawi dan lain sebagainya, merupakan sayuran yang kaya akan vitamin B,
kalsium, kalium, serat dan berbagai macam senyawa bersifat antioksidan alami.

Sayuran yang kandungan nutrisinya hampir mirip dengan bayam adalah Brokoli. Sehingga mengkonsumsi brokoli dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Jenis sayuran tersebut di atas bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan serta mengurangi stress oksidatif.

Baca juga : Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan Anda, Sunguh Luar Biasa

Jenis Biji-bijian

Kacangan-kacangan

Hampir semua jenis kacang-kacangan sangat baik sekali bagi kesehatan jantung. Akan tetapi satu dengan yang lain ada kelebihan. Diantara jenis kacang yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, seperti walnut, almond, kacang tanah, kedelai, pistachio dan lain sebagainya.

Magnesium yang terdapat pada Kacang-kacangan sangat baik sekali untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Akan tetapi, anda harus selektif dalam mengkonsumsi kacang, karena kacang yang banyak dijual dipasaran karena biasanya ada tambahan perasa.

Biji Labu

Ketika kita membelah labu, Biji labu biasanya dipandang sebelah mata dan langsung dibuang begitu saja. Padahal, biji labu kaya akan berbagai senyawa alami yang bersifat antioksidan, selain itu, biji labu bermanfaat dapat mencegah terjadinya peradangan.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E dan juga baik sekali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat vitamin E  bagi tubuh adalah dapat mencegah timbunan plak pada pembuluh darah dan lemak tak jenuh yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

Biji chia

Biji chia memiliki kandungan yang kaya akan serat dan juga asam lemak omega 3 serta rendah kalori. Semua kandungan nutrisi tersebut baik sekali untuk menjaga kesehatan jantung. Apabila anda secara rutin dan teratur mengkonsumsi biji Chia, maka kadar kolesterol dalam tubuh akan menurun serta adanya penumpukan lemak pada pembuluh darah atau atehrosclerosis dapat diminimalisir.

Jenis Cairan

Minyak zaitun

Lemak tak jenuh tunggal yang terdapat pada minyak zaitun sangat baik sekali untuk digunakan ketika memasak. Disamping itu, minyak zaitun adalah minyak yang rendah kalori. Dengan kandungan rendah kalori ini, maka minyak zaitun sangat baik sekali untuk digunakan sebagai salad dressing. Polifenol yang merupakan senyawa antioksidan yang terdapat pada minyak zaitun baik sekali untuk mengurangi peradangan pada system kardiovaskular.

Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan yang kaya akan catechin serta flavonoid yang memiliki sifat antioksidan. Catechin dan flavonoid bekerja dalam tubuh di dalam mencegah terjadinya penyakit kronis serta mampu meningkatkan metabolism tubuh. Selain itu, fungsi dari Catechin dan flavonoid juga berperan dalam menjaga organ jantung tetap sehat. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, maka hal ini sama dengan  mengurangi resiko terjadinya serangan jantung sebesar 50%.

Jenis ikan

Salmon

Pada Ikan Salmon kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Dengan rutin mengkonsumsi ikan salmon, maka kesehatan jantung anda akan terjaga, karena asam lemak omega 3 dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Selain itu, Ikan Salmon juga kaya akan selenium yang turut berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga jantung tetap sehat.

Baca juga : Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menganggu Kesehatan Ginjal

Nah, itulah semua Aneka Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung yang bisa Suhu X uraikan, semoga bermanfaat

Post a Comment for "Aneka Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung"

Berlangganan via Email