Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Obat Sakit Kepala Alami, Tanpa Efek Samping dan Mudah Banget

Mengobati Sakit Kepala Dengan Penanganan Sederhana


Ada rasa sakit bercampur nyeri pada bagian kepala yang dimulai dari leher,  sedianya bisa diatasi dengan cara sederhana dan mudah banget serta tanpa efek samping, dengan catatan menggunakan obat sakit kepala alami.

Bay the way, adanya sakit kepala bisa jadi sebuah warning dari adanya penyakit lain yang mempengaruhi kepala maupun leher. Bisa juga sakit kepala hanyalah sakit kepala biasa yang muncul begitu saja tanpa penyebab yang jelas.

Para ahli kesehatan berkata bahwa sakit kepala dibagi menjadi dua, yaitu :
  1. Sakit kepala primer
  2. Sakit kepala sekunder.

1. Sakit kepala primer
Sakit kepala primer adalah bentuk sakit kepala yang digambarkan sebagai adanya tekanan pada bagian kepala yang kemudian menjalar ke leher, belakang kepala, mata dan disertai dengan rasa nyeri di kedua sisi kepala. Dan sakit kepala ini paling sering terjadi.

Umumnya sakit kepala primer terjadi disebabkan oleh kurang tidur, lapar, stress, serta adanya kontraksi pada otot di bagian kepala. Untuk sakit kepala tipe tegang, umumnya disebabkan karena adanya ketegangan pada otot leher, penyempitan pada pembuluh darah, dehidrasi, kecanduan merokok maupun karena faktor genetika.

2. Sakit kepala sekunder
Sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang bukan berasal dari kepala atau leher. Adanya sakit kepala model sekunder ini karena bisa jadi bentuk dari salah satu gejala penyakit yang berbahaya, seperti karena tumor otak, stroke ringan, pembekuan darah, aneurisma serta keracunan. Jadi sakit kepala sekunder lebih berbahaya dari pada sakit kepala primer.

Lalu selain sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder, ada lagi migraine. Migrain sedikit berbeda dengan sakit kepala, sakitnya di kepala, tapi bukan tergolong sakit kepala. Migraine biasanya hanya terjadi di salah satu sisi kepala, walaupun kadang di dua sisi kepala bersamaan. Rasa sakit karena migrain rasa sakitnya yang berdenyut-denyut pada urat yang ada di sisi kepala. Rasa sakit yang disebabkan migraine, rasanya lebih sakit dan parah daripada sakit kepala karena tegang.

Untuk kasus migraine, adanya rasa sakit karena migrain biasanya disebabkan oleh gangguan neurologis kronis serta warning akan adanya sensitivitas tubuh pada cahaya maupun suara. Rasa sakit akibat migrain yang membuat sisi kepala berdenyut-denyut penuh kesakitan membuat seseorang tidak bisa berbuat banyak.

Ketika kita mengalami sakit kepala,  biasanya langsung cepat-cepat cari obat sakit kepala, agar sakit segera hilang atau mereda. Minum obat sakit kepala, memang bisa menghilangkan rasa sakit. Namun, minum obat sakit kepala akan menimbulkan efek samping yang justru lebih besar bahayanya, seperti peningkatan racun dalam tubuh serta pengenceran darah.

Kalau kita mau belajar dan bertanya serta selalu mencari informasi, kita akan berpengetahuan luas. Sebenarnya, untuk mengatasi sakit kepala ada beberapa obat alami yang bisa kita gunakan, dan obat tersebut mudah dan murah untuk didapatkan karena ada di sekitar kita, serta tidak menimbulkan efek samping.

Obat Sakit Kepala Alami, Tanpa Efek Samping dan Mudah Banget

Beberapa obat Alami yang baik dan bisa untuk mengatasi sekit kepala, meliputi:

1. Air

Ketika anda mulai merasa sakit kepala, secepatnya saja anda minum air putih dalam jumlah yang lebih banyak. Karena kekurangan cairan dalam tubuh dapat membuat pembuluh darah menjadi mengkerut, hal ini akan mengakibatkan aliran darah yang membawa oksigen ke organ otak mengalami gangguan. Ini salah satu penyebab munculnya sakit kepala.

2. Jahe

Perut mual, punya ada kaitannya dengan sakit kepala. Orang tua-tua kita dulu sering mengobati perut mual dengan jahe. Dengan menggunakan Jahe untuk mengatasi rasa mual, maka secara otomatis dapat mengurangi efek dari sakit kepala.
Memang, secara medis, hubungan mekanisme antara jahe dan sakit kepala sih belum diketahui secara pasti, tapi cobalah mengkonsumsi jahe secara rutin, bila anda sering mengalami sakit kepala.

3. Cengkeh

Media cengkeh bisa digunakan untuk sakit kepala, cobalah Anda menghirup aroma minyak cengkeh serta mengoleskan minyak cengkeh pada bagian kepala yang sakit.

Cengkeh memang memiliki rasa yang tidak enak apabila dikonsumsi secara langsung. Tapi, anda bisa mengkonsumsi cengkeh dengan dicampur beserta makanan. Dengan begitu nantinya akan membuat sakit kepala yang anda rasakan akan semakin berkurang dan menghilang.

Pada cengkeh terdapat kandungan flavonoid yang merupakan agen anti-inflamasi. Flavonoid inilah yang nantinya akan ikut berperan dan mengurangi rasa sakit dari gejala sakit kepala.

4. Minyak lavender

Aroma bunga lavender dapat meredakan ketegangan, kecemasan, depresi dan memberikan efek rileks. Begitulah menurut sebuah laporan penelitian, karena lavender bersifat menenangkan. Minyak lavender dapat digunakan untuk meringankan sakit kepala yang disebabkan ketegangan, bisa juga untuk migraine. Karena minyak lavender memberikan Efek yang menenangkan, maka rasa sakit akan menjadi berkurang.

5. Minyak ikan

Mengkonsumsi minyak ikan secara rutin dapat mencegah terjadinya sakit kepala, karena minyak ikan bisa mengurangi ketegangan dan meringankan tekanan.

6. Minyak peppermint

Dalam minyak peppermint terdapat kandungan acetaminophen yang dapat memberikan manfaat meringankan gejala sakit kepala. Ketika anda merasa sakit kepala, cobalah oleskan minyak peppermint pada bagian pelipis kepala serta dibelakang leher, maka hal ini akan dapat meringankan rasa sakit yang ada di kepala. Bukan itu saja, Bahkan menghirup aroma minyak peppermint juga dapat membuat anda lebih tenang dan rasa sakitnya akan segera menghilang.

7. Magnesium

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kandungan magnesium dapat mengurangi frekuensi sakit kepala kronis, bahkan sakit di sisi kepala akibat migrain juga dapat diminimalisirkan. Magnesium merupakan salah satu zat mineral yang sangat penting sekali untuk mencegah kelelahan serta kelemahan pada jaringan tubuh.

8. Kompres dingin atau panas

Nah cara yang terakhir Untuk meringankan dan menghilangkan sakit kepala anda bisa dengan kompres dingin atau panas.
Kompres dingin di bagian belakang leher maupun dahi akan mengurangi peradangan serta suhu tubuh. Kompres semacam ini akan membuat darah menjadi dingin dan mengurangi rasa sakit berdenyut pada bagian kepala.
Kompres panas mampu merangsang peredaran darah, sehingga sirkulasi darah cenderung lebih lancar dan mampu mengurangi ketegangan otot.

Baca juga : Apakah Micin Berbahaya Untuk Kesehatan?

Umumnya, sakit kepala primer dapat diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti diatas. Namun bila and mengalami sakit kepala kronis yang sering muncul dan tak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan kesehatan anda pada dokter ahli.

Untuk sakit kepala sekunder, maka harus pada penanganan yang lebih serius lagi. Berkonsultasi pada dokter ahli sebelum menggunakan cara-cara seperti diatas adalah cara yang harus anda lalukan.

Bagaimana, mudah dan murahkan bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala? Di samping itu, dijamin alami dan tidak menimbulkan efek samping.

Sekian dulu uraian dari Suhu X mengenai Obat Sakit Kepala Alami, Tanpa Efek Samping dan Mudah Banget, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Obat Sakit Kepala Alami, Tanpa Efek Samping dan Mudah Banget"

Berlangganan via Email