Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak

Otak Cerdas

Untuk meningkatkan kecerdasan otak, maka otak perlu dilatih. Posisi otak dalam tubuh sama seperti otot dalam tubuh. Artinya jika anda menginginkan otot yang kuat dan gagah maka harus latihan yang memokuskan pada otot, seperti angkat barbel, lari, push up dan lain-lain. Begitu pula dengan otak, ada juga latihannya. Akan tetapi latihannya antara otot dan otak beda.

Jika anda sering berpikir, itu artinya Anda menggunakan otak anda. Jika hal ini selalu dan sering anda lakukan, maka anda akan menjadi seorang pemikir. Seiring berlalunya waktu, otak yang selalu anda gunakan untuk berpikir, maka kecerdasannya akan lebih meningkat serta akan lebih terampil dalam memberikan respon, bahkan kemampuan dalam berkonsentrasi pun akan turut meningkat.

Namun bila otak anda jarang digunakan atau bahkan tidak digunakan untuk berpikir, maka kemampuan otak anda didalam berpikir atau belajar akan semakin menurun dan memburuk.

Kecerdasan adalah sebuah anugerah tersendiri yang dianugerahkan oleh sang Pencipta, sehingga tidak semua orang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Tapi, bagi anda yang tidak memiliki tingkat kecerdasan yang baik, masih ada peluang untuk anda untuk memiliki dan meraih kecerdasan yang baik, karena hal tersebut ada caranya.

Jadi anda tak perlu lagi bersedih karena tidak dianugerahi kecerdasan yang bagus, karena Allah masih memberikan peluang bagi yang mau. "Di mana ada kemauan di situ ada jalan"

Bahkan, bagi anda yang tidak memiliki kecerdasan yang super dan di atas rata-rata diperintahkan untuk berusaha dan mencari sendiri bagaimana caranya agar otak bisa cerdas.

Mengenai cara bagaimana meningkatkan kecerdasan otak, sebenarnya Ada banyak cara yang bisa anda ambil dan lakukan. Cara-cara tersebut tidak lain untuk merangsang perkembangan otak, yang nantinya akan meningkatkan kecerdasan otak.

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak

Baca juga : Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Secara Alami

Tips untuk meningkatkan kecerdasan otak, meliputi:


1. Sarapan makanan yang bergizi

Organ tubuh kita tak ubahnya seperti mesin, mesin mobil, mesin motor atau mesin-mesin yang lain. Mesin tidak akan hidup dan menghasilkan daya apabila tidak ada bahan bakarnya. Karena tubuh layaknya seperti mesin, maka perlu makan. makanan yang masuk pada tubuh haruslah bergizi, karena makanan tersebut layaknya bahan bakar tubuh kita dalam menjalankan semua aktivitas sehari-hari.

Mengkonsumsi makanan yang penuh dengan gizi akan membuat tubuh kita semakin sehat dan kuat, sehingga kecerdasan otak ikut meningkat dan kondisi mental semakin baik.

2. Kurangi konsumsi gula

Mengkonsumsi gula dengan jumlah  yang berlebihan, akan membuat anda menjadi cepat lelah, buah dari cepat lelah adalah rasa malas. Efek negatif dari makanan ataupun minuman yang memiliki kandungan kaya gula akan membuat anda sulit untuk berpikir dengan baik. Selain itu mengkonsumsi makanan maupun minuman yang memiliki kandungan kaya gula akan membuat pankreas bekerja lebih ekstra untuk menghasilkan insulin guna mengontrol darah. Semakin banyak insulin yang dalam darah, membuat tubuh menjadi malas serta cepat lelah.

3. Konsumsi makanan yang baik untuk otak

Tidak semua makanan baik untuk otak,  tapi, makanan yang baik untuk otak jumlahnya tidak sedikit. Makanan yang baik untuk otak bisa anda tandai dengan warna hijau tua pada sayuran. Ada gula dari kacang-kacangan atau minyak ikan. Untuk mendapatkan asupan makanan yang baik bagi otak, sayur-sayuran, kacang-kacangan serta minyak ikan, jadikan jenis makanan tersebut kedalam menu makanan anda sehari-hari untuk meningkatkan kecerdasan otak anda.

4. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Seluruh organ tubuh kita sangat membutuhkan cairan, terutama organ tubuh yang vital seperti otak. 98%  kebutuhan akan cairan ada pada otak. Dengan terpenuhinya cairan tubuh, maka Sel-sel otak menemukan keseimbangan yang baik antara cairan dengan elemen-elemen lain. Dengan begitu kinerja otak akan lebih efektif dan efisien. Ketika anda menginginkan apa yang cerdas, maka cukupilah kebutuhan cairan tubuh anda setiap hari untuk meningkatkan kecerdasan serta konsentrasi anda.

5. Mendengarkan musik

Musik klasik memang selalu digunakan oleh para pegiat terapi otak  dalam mencerdaskan otak janin dan anak. Padahal sebenarnya, mau musik apapun itu, semua bisa digunakan untuk melatih saraf-saraf otak guna meningkatkan kecerdasan dan daya ingat otak. Anda Jangan terpaku pada musik klasik. Dengarkan saja musik, jenis atau aliran apapun musik itu, yang penting anda suka, karena semua musik yang anda dengarkan bisa digunakan untuk meningkatkan kerja otak.

6. Otak yang selalu aktif

Sebaiknya anda selalu mengaktifkan otak, kecuali Anda sedang istirahat atau tidur. Mengaktifkan otak cukup dengan anda berpikir atau mengingat sesuatu, hal tersebut akan membuat otak semakin cerdas.

7. Rajin berolahraga

Rajin berolahraga akan membuat  aliran darah tubuh semakin lancar. Bila kita rajin berolahraga, otomatis aliran darah yang lancar akan mengirimkan oksigen seluruh organ tubuh dengan lancar pula. Tak ketinggalan pula oksigen yang ada pada darah akan ditransfer juga ke otak. Otak yang selalu dalam kondisi cukup oksigen akan selalu dalam kondisi Fit dan optimal. Dengan begitu, maka sel-sel otak yang baru akan tercipta yang nantinya akan meningkatkan kecerdasan otak.

8. Kurangi menonton acara televisi yang tidak mendidik

Menonton televisi yang tidak mendidik akan membuat otak kita menjadi Down, dan kecerdasan otak akan menurun. Terlebih apabila kita menontonnya secara berlebihan. Carilah acara televisi yang banyak menyajikan tentang informasi dan pengetahuan seperti flora dan fauna, film dokumenter, recovery, berita dan lain sebagainya. Untuk acara sinetron atau film serial, seperti film Korea yang penuh cerita cinta lebay, lebih baik dimatikan saja televisinya.

9. Banyak membaca

Membaca adalah jendela untuk mengetahui dunia. Ilmu pengetahuan bisa diperoleh dan diketahui dengan membaca. Semakin banyak Anda membaca, maka semakin banyak pula informasi yang anda dapat atau anda terima. Dengan begitu otak akan semakin berpengetahuan dan cerdas.

10. Menulis

Menulis bukan hanya aktivitas memindahkan satu informasi atau pengetahuan ke lembaran kertas. Akan tetapi lebih dari itu. Menulis merupakan aktivitas yang membuat otak kita menjadi berfikir dan penuh kesadaran. Mengenai apa yang harus anda tulis, Anda bisa menulis semua yang anda rasakan, yang anda ketahui  atau yang anda lakukan dalam menjalani kehidupan hari ini  pada sebuah lembar kertas. Dengan begitu anda akan mudah mengingat-ingat kembali apa saja yang sudah anda lakukan. Perlahan tapi pasti, metode ini akan membuat otak anda menjadi lebih terasah dan akan selalu berjalan menuju pada kecerdasan yang lebih baik.

11. Mencoba berbagai hal baru

Untuk meningkatkan kecerdasan otak, kita harus memberikan tantangan baru kepada otak. Sifat bawaan Otak adalah sangat menyukai hal-hal yang baru karena otak selalu diliputi oleh rasa penasaran. Untuk mencoba hal-hal yang baru, kita tidak perlu harus mengeluarkan uang banyak, cukup hal-hal yang rutin kita lakukan, kita coba dengan gaya yang baru. Contohnya seperti anda melewati rute perjalanan dari rumah ke kantor melalui jalan yang belum pernah anda lewati, mencoba menu masakan baru yang belum pernah anda makan sebelumnya dan lain sebagainya. Dengan adanya hal yang baru serta pengalaman yang baru, maka sel-sel otak akan semakin cepat dalam merespon dan semakin cerdas.

12. Tidur yang cukup

Tidur adalah sebuah kebutuhan untuk mengistirahatkan seluruh organ tubuh, begitu juga dengan otak. Cara terbaik untuk mengistirahatkan otak tidak lain adalah dengan tidur. Karena pada saat kita tidur semua sel dan jaringan dalam tubuh kita akan melakukan regenerasi serta membuang segala racun yang menumpuk dalam tubuh kita. Jam tidur antara satu dengan yang lain tidaklah sama, Tergantung tingkat usianya. Untuk orang dewasa waktu istirahat untuk tidur yang baik adalah sekitar selama 7 sampai 8 jam setiap hari.

13. Berpikir positif

Stres, galau, gundah gulana, khawatir, cemas, panik adalah hal-hal yang sangat merusak sel-sel otak serta mampu menghalangi proses produksi neuron dalam otak anda. Bila kondisi semacam ini selalu terjadi secara terus menerus, maka otak semakin cepat tumpul.

Namun apabila anda sering  berpikir positif, maka sel-sel otak maupun neuron dalam otak kita akan semakin baik dan selalu dalam kondisi prima dan optimal. Dengan selalu dan membiasakan berpikir positif maka otak akan semakin cerdas.

14. Bermain puzzle

Permainan yang satu ini memang bisa meningkatkan kecerdasan otak. Karena, dalam permainan puzzle otak dituntut untuk selalu memberdayagunakan Ingatan yang tinggi, yang diandalkan dalam permainan ini adalah daya ingat yang kuat. Selain permainan puzzle, bermain teka-teki silang juga bisa melatih otak anda di dalam mengingat kata-kata, hal ini pastinya memberikan sumbangsih yang baik untuk kecerdasan otak.

Yups, itulah Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak yang bisa Suhu X paparkan, semoga semakin hari kecerdasan anda meningkat dan semakin pandai. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak"

Berlangganan via Email