Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizi di Dalamnya

Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan - Bentuk buahnya berambu, akhirnya diberi nama Rambutan. Memang buah ini agak unik karena berambut. Akan tetapi buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga kandungan gizinya sangat banyak yang terdapat di dalam.

Buah rambutan biasanya tumbuh subur di negara-negara yang beriklim tropis, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, dan lain sebagainya. Hingga seiring dengan berkembangnya zaman, buah rambutan tersebar di negara-negara lain seperti negara di Afrika, Amerika Tengah, Kamboja, Sri langka, negara-negara Karibia dan Filipina.

Kita tidak akan bisa menemukan buah rambutan diwaktu kita menginginkannya. Karena buah rambutan termasuk jenis tumbuhan yang berbuah pada musim-musim tertentu, sehingga Anda bisa menikmati lezatnya buah rambutan jika sudah tiba musimnya.

Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizi di Dalamnya

Baca juga : Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan


Kandungan Nutrisi Rambutan

  • Dalam setiap 100 gr buah rambutan, terdapat sekitar 69 kalori
  • Dalam setiap 100 gr buah rambutan, terdapat 58 mg vitamin C
  • Dalam setiap 100 gr buah rambutan, terdapat 18,1 gr karbohidrat.
  • Dalam setiap 100 gr buah rambutan, 2 gr serat

Dari data di atas, menunjukkan bahwa buah ini sangat cocok untuk digunakan sebagai program diet karena buah ini sangat mudah untuk dicerna perut.

Buah rambutan memiliki bermacam-macam jenis yang didalamnya terdapat gizi yang tinggi, sehingga  sangat baik untuk dikonsumsi guna  memperoleh kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga : Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan & Kecantikan


Manfaat Buah Rambutan

Berikut ini merupakan manfaat buah rambutan, diantaranya :

1. Menangkal Radikal Bebas

Pada kulit buah rambutan terdapat beberapa senyawa organik seperti asam galat. Dikutip dari laman Times of India menyatakan bahwa senyawa organik ini berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas atau membantu menjaga tubuh dari ancaman kerusakan oksidatif, sehingga tubuh terhindar dari kerusakan.
Jadi cara terbaik dalam mengkonsumsi buah rambutan adalah dengan dikupas kulitnya menggunakan gigi, bukan tangan.

2. Penambah Stamina

Stamina yang telah terkuras  akan bisa pulih kembali dengan bantuan buah rambutan, sehingga buah rambutan sangat baik apabila dikonsumsi oleh para atletik yang baru saja selesai melakukan latihan atau perlombaan yang melelahkan. Sedangkan manfaat dari kulit rambutan yaitu bisa memulihkan tenaga yang hilang. Pemanfaatan kulit rambutan bisa dilakukan dengan cara di ekstrak.

Baca Juga : Makanan Penambah Stamina Pria dan Wanita


3. Melindungi Ginjal

Kandungan fosfor yang terdapat dalam buah rambutan bisa dimanfaatkan untuk membantu dan menjaga kesehatan ginjal. Fosfor dapat mengeluarkan kotoran yang mengendap dalam ginjal dengan cara dikeluarkannya melalui dan bersamaan dengan urine. Selain itu, dalam rambutan terdapat kandungan kalsium, sehingga kalsium dan fosfor yang terdapat pada buah rambutan dapat menjaga tulang dari resiko pengeroposan.

4. Obat Diabetes

Bukan hanya kulit manggis saja yang bisa diekstrak dan diambil manfaatnya untuk mengatasi penyakit diabetes, buah rambutan juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah (glukosa). Buah rambutan sudah  dikenal di  negara kawasan Asia Tenggara sebagai  buah yang mampu  mengatasi masalah tekanan darah tinggi diabetes dan penyakit lainnya.
Dalam buah rambutan terdapat kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi apabila dibiarkan begitu saja dan tidak segera ditangani akan menyebabkan Resiko yang lebih besar, seperti serangan jantung, stroke dan lain sebagainya. Dengan mengkonsumsi buah rambutan dapat membantu anda dalam mengurangi tekanan darah tinggi.

Baca Juga : Buah, Sayur dan Biji-bijian Yang kaya Asam Folat

Nah, itulah sedikit pengetahuan tentang manfaat buah rambutan bagi kesehatan. Suhu X ucapkan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizi di Dalamnya"

Berlangganan via Email