Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

Perawatan rambut dengan Minyak Kelapa


Minyak kelapa, sudah dari dulu semenjak masa nenek moyang kita sudah menggunakan dan memanfaatkan minyak kelapa untuk menjaga, merawat dan memperindah rambut mereka. Kebanyakan orang yang memanfaatkan minyak kelapa adalah orang-orang yang tinggal di daerah pesisir, hal tersebut tidak lain karena berlimpahnya pohon dan buah kelapa dari pada di tempat yang lain, sehingga setiap keperluan sehari-hari kebanyakan melibatkan minyak kelapa.

Di beberapa negara, seperti Indonesia, Malaiysia, Sri Lanka, Burma, India, Filipina serta Karibia sering memanfaatkan khasiat minyak kelapa untuk menjaga kesehatan rambut.

Minyak kelapa biasa dibuat sebagai komposisi bahan kesehatan dan kecantikan karena memang minyak kelapa kaya akan karbohidrat, vitamin dan mineral. Sekarang ini, banyak produsen produk kecantikan menjadikan minyak kelapa sebagai bahan dasar shampoo perawatan rambut. Bahkan, bukan hanya itu saja, minyak kelapa juga dijadikan bahan dasar utama dalam pembuatan sabun untuk kesehatan kulit dan juga krim untuk kecantikan.

Baca juga : Tips Melebatkan Rambut secara Alami

Sudah bukan rahasia umum kalau minyak kelapa memang telah digunakan selama ribuan tahun sebagai minyak rambut. Pada minyak kelapa terdapat berbagai senyawa dan komponen yang terkandung di dalamnya yang berkhasiat mampu menjaga rambut tetap kuat dan sehat. Kandungan yang terdapat pada minyak kelapa ini bermanfaat mencegah terjadinya kebotakan karena rambut rontok secara berlebihan.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

Berbagai macam manfaat minyak kelapa untuk rambut, meliputi:


1. Mencegah rambut rontok

Di negara India, penggunaan minyak kelapa telah dilakukan sejak zaman dahulu untuk merawat rambut. Minyak kelapa dipercaya  dan terbukti mampu mencegah terjadinya rambut rontok.

Cara untuk mencegah rambut rontok dengan menggunakan minyak kelapa adalah:
Rebus daun sage dalam minyak kelapa.
Campuran daun Sage dan minyak kelapa bisa langsung diusapkan ke kulit kepala dengan disertai sedikit pijatan di daerah kulit kepala.

Manfaat penggunaan daun sage dan minyak kelapa mampu membuat kulit kepala menjadi lebih kuat dan sehat, sehingga rambut tidak mudah rontok. Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa yang dicampur dengan air jeruk nipis dan diaplikasikan pada kulit kepala.

2. Mencegah kerusakan rambut

Mengoleskan minyak kelapa ke rambut dapat menambah protein pada rambut, sehingga rambut terhindar dari kekurangan protein dan manfaatnya adalah rambut menjadi lebih sehat dan kuat. Pada minyak kelapa terdapat kandungan asam laurat yang nantinya bertindak sebagai protein bagi rambut. Zat asam laurat ini mampu menembus batang rambut.

3. Mencegah ketombe

Dalam minyak kelapa Terdapat berbagai macam kandungan asam lemak. Kandungan asam lemak ini nantinya akan menjadi senyawa yang mampu mencegah ketombe. Bahkan kemampuan minyak kelapa dalam mencegah ketombe jauh lebih baik daripada shampoo anti ketombe.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, anda bisa mencampur minyak kelapa dengan minyak jarak dan air hangat. Lalu aplikasikan pada rambut dan kulit kepala anda secara rutin. Sebenarnya, bukan hanya dengan minyak jarak yang bisa anda gunakan sebagai campuran. Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa yang dicampur dengan minyak wijen untuk mengatasi dan mencegah ketombe, kemudian biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

4. Mendinginkan kulit kepala

Dengan menggunakan minyak kelapa pada kulit kepala, akan menjadikan kulit kepala menjadi dan terasa dingin. Minyak kelapa memiliki sifat dingin dan mendinginkan. Dengan sifat dingin dari minyak kelapa akan membuat kulit kepala menjadi lebih dingin dan hal ini akan mencegah kerontokan karena panas.

5. Melembabkan rambut

Minyak kelapa mempunyai manfaat dapat menahan air lebih lama, sehingga dengan menggunakan minyak kelapa rambut anda akan tetap dalam keadaan lembab, disamping itu juga dalat membuat rambut lebih lembut. Dengan kondisi rambut semacam ini nantinya akan mencegah rambut dari kerusakan.

6. Minyak rambut alami

Bila anda sering menggunakan minyak rambut untuk merapikan rambut, dan pada waktu yang bersamaan anda kehabisan minyak rambut, anda bisa menggantinya dengan minyak kelapa. Minyak kelapa bisa digunakan sebagai minyak rambut alami. Kelebihan dari penggunaan minyak kelapa untuk rambut adalah ketika anda aplikasikan minyak kelapa ke rambut, minyak kelapa akan meleleh sebentar dan kemudian akan mengeras seiring berjalannya waktu dan saat terkena hembusan angin. Rambut anda akan tampak kaku tapi lebih mudah diatur dan tampak lebih mengkilau.

7. Mencegah rambut kering

Rambut keriting adalah momok yang menyebalkan bagi mereka pemilik rambut lurus. Tapi terjadinya keriting pada rambut bukan salah siapa, tapi salah sang pemilik rambut yang sembrono memakai produk perawatan rambut.

Produk perawatan rambut yang tidak cocok, akan membuat rambut menjadi kering dan mudah rusak. Hal semacam ini sangat wajar adanya, karena dalam produk perawatan rambut terdapat kandungan kimia yang terlalu tinggi, sehingga rambut yang awalnya bagus menjadi rusak, atau rambut yang awalnya tidak sehat menjadi tambah berantakan.

Baca juga : Tips Menghitamkan Rambut Secara Alami

Minyak kelapa bisa menjadi solusi terbaik dan dari bahan alami yang baik untuk mencegah rambut kering dan rusak. Mengoleskan minyak kelapa secara rutin akan membuat rambut indah dan rapi serta mencegah terjadinya rambut kering dan rusak. Lambat laun dan pasti, nanti akan membuat rambut anda menjadi lebih berkilau dan lebih sehat.

8. Mencegah rambut bercabang

Bila rambut anda pecah-pecah dan bercabang, solusi dari perawat kecantikan kulit dan rambut adalah anda disarankan untuk memotong rambut tersebut. Dengan memotong rambut bercabang tersebut rambut anda akan tampak bagus dan tidak bercabang lagi, tapi hal itu hanya bersifat sementara. Karena, seiring berjalannya waktu, rambut yang tumbuh akan tetap bercabang kembali di bagian ujungnya.

Cara alami yang bisa Anda lakukan adalah ambil minyak kelapa dan campurkan dengan minyak almond lalu oleskan pada rambut anda.

Cara seperti ini mampu mengatasi masalah rambut bercabang. Bila anda rutin melakukan hal seperti ini, maka rambut anda akan kembali normal bahkan lebih sehat lagi.

9. Mengurangi kutu

Kutu yang hidup dan berkembang biak di kepala dapat menimbulkan rasa pada kulit kepala. Di luaran sana, ada banyak sekali produk untuk mengobati kutu. Sayangnya, produk-produk tersebut mengandung bahan kimia yang kuat sehingga akan memberikan efek negatif pada rambut. Memang benar, kutu menjadi mati dan tidak ada lagi, rambut menjadi rusak.

Sifat dari minyak kelapa cenderung lengket, namun mudah dihilangkan, hanya dengan membilasnya dengan air. Dengan sifat lengket yang dimiliki minyak kepala, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke rambut anda, kemudian menyisir rambut anda, maka kutu yang terdapat pada kepala anda akan lengket pada sisir anda, sehingga rambut anda nantinya akan terbebas dari kutu.

Baca jaga : Tips Awet Muda dan Cegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Nah... Ulasan dari Suhu X di atas bisa anda praktekkan untuk menjaga, merawat, memperindah dan menyehatkan rambut anda. Dengan Memanfaatkan Minyak Kelapa Untuk Rambut anda, risiko kerusakan rambut dapat diminimalisir, karena menggunakan minyak kelapa adalah penggunaan secara alami.

Post a Comment for "Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut"

Berlangganan via Email