Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan & Kecantikan

Sehat dan Cantik dengan Alpukat


Manfaat Buah Alpukat memang banyak sekali, baik itu manfaat untuk Kesehatan maupun manfaat untuk Kecantikan. Bahkan bukan hanya daging buah alpukat yang memiliki manfaat bagi tubuh kita, Menurut sebuah penelitian terbaru, biji alpukat juga bisa digunakan untuk mengendalikan diabetes, hipertensi, peradangan serta mengurangi kolesterol yang berlebihan dalam tubuh.

Dalam penelitian yang lain juga diungkapkan bahwa mengkonsumsi alpukat mampu meningkatkan kualitas dan asupan nutrisi dalam tubuh serta mampu menurunkan resiko sindrom metabolic (sindrom metabolic adalah sekumpulan kondisi negatif yang terjadi secara bersamaan pada tubuh. Kondisi negatif ini seperti meningkatnya kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh, tekanan darah yang meninggi, kelebihan lemak di sekitar pinggang, serta kenaikan kadar kolesterol yang tidak biasa)

Buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat menguntungkan tubuh seperti asam lemak, asam lemak yang terdapat pada buah alpukat asam lemak yang rendah kolesterol.

Anggapan kebanyakan orang di luar tentang alpukat tidak bisa dipertanggungjawabkan, karena mereka mengira bahwa alpukat tinggi kalori, sehingga harus dihindari dan jangan dikonsumsi. Akibat dari anggapan yang salah kaprah inilah yang mengakibatkan banyak yang enggan untuk mengkonsumsi alpukat. Padahal, sejatinya kandungan kalori yang terdapat pada buah alpukat sangat sedikit sekali dibandingkan dengan mentega.

Sedikit penjabaran mengenai buah alpukat. Buah alpukat berasal dari negara bagian puebla, di Mexico. Sudah sejak dari dulu orang-orang di Amerika Tengah telah mengkonsumsi buah alpukat. Buah Alpukat memiliki nama dan sebutan lain, karena itu mungkin di sini disebut buah alpukat, tapi di belahan dunia lain alpukat disebut dengan buah aligator pir. Nama ini disematkan pada buah alpukat karena buah alpukat memiliki bentuk dan penampilan kulit yang kasar. Buah alpukat termasuk dalam kategori buah klimaterik. Sama seperti buah pisang, yang hanya matang setelah dipanen.

Buah alpukat semakin hari semakin populer dan terkenal. Ada beberapa hal yang membuat buah alpukat semakin digemari oleh banyak orang. Bisa jadi karena penampilannya yang unik, rasanya yang nikmat serta manfaatnya yang besar untuk kesehatan. Karena faktor inilah banyak orang yang membudidayakannya di berbagai negara. Kulit buah alpukat yang tebal, Memberikan manfaat pada buah alpukat itu sendiri, yaitu berupa ketahanan alpukat terhadap hama dan penyakit. Jadi ketika anda menginginkan buah alpukat, Anda tidak perlu repot-repot membeli alpukat organik.

Makanan atau buah super, itulah predikat yang melekat pada buah Alpukat. Predikat ini bukan hanya isapan jempol semata, tapi memang dibarengi dengan bukti. Buah Alpukat kaya akan berbagai nutrisi, vitamin serta mineral. Di samping itu, buah alpukat menjadi buah yang menjadi sumber dari asam lemak tak jenuh tunggal dan rendah kadar gula. Bahkan bukan hanya itu saja, buah Alpukat juga merupakan salah satu makanan sumber energi, kaya akan berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E dan vitamin K. Kandungan mineral yang terdapat dalam alpukat meliputi kalsium, kalium, fosfor, mangan, magnesium, tembaga, zat besi, dan seng. Alpukat juga sumber serat alami yang memegang peranan penting bagi kesehatan tubuh. Alpukat juga kaya akan senyawa organic seperti pitosterol, karotenoid serta flavonoid.

Baca juga : Buah, Sayur dan Biji-bijian Yang kaya Asam Folat

Tak heran bahkan pantas jika buah alpukat disebut sebagai buah super jika dilihat dari begitu banyaknya nutrisi, vitamin dan mineral yang terkandung dalam alpukat, sehingga dengan mengkonsumsi buah alpukat akan memberikan dampak positif sekali bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan & Kecantikan

Diantara sebagian manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan kecantikan yang bisa Suhu X kemukakan, meliputi:


1. Menjaga kesehatan ginjal

Keseimbangan cairan dan mineral dalam tubuh juga ditentukan oleh pola makan dan gaya hidup. Bagi orang yang mengindap gangguan ginjal kronis, menjaga pola makan dan gaya hidup perlu mendapatkan perhatian. Dalam buah alpukat, kandungan kaliumnya berperan dalam menjaga detak jantung agar tetap stabil dan normal.

Selain itu, fungsi dari kalium alpukat juga bekerja untuk menjaga keseimbangan cairan melalui saluran kimia untuk sel dan organ tubuh.
Keseimbangan cairan ini merupakan hal yang penting, karena dengan terjaganya keseimbangan cairan, terjaga pula fungsi dari ginjal. Dengan terjaganya fungsi Ginjal, maka ginjal akan bekerja menstabilkan pergerakan cairan serta mengeluarkan racun dalam tubuh melalui urin.

2. Menjaga kesehatan hati

Buah Alpukat memberikan manfaat yang sangat besar sekali bagi hati, karena dalam buah alpukat terdapat kandungan senyawa organic yang mampu menjaga dan membantu meningkatkan kesehatan organ hati. Umumnya, kerusakan yang terjadi pada organ hati disebabkan oleh penyakit hepatitis. Dalam berbagai penelitian telah ditemukan bahwa alpukat mampu melindungi dan menjaga kesehatan organ hati.

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah Alpukat juga bisa menjaga kesehatan jantung. Dalam buah Alpukat terdapat kandungan senyawa beta-sitosterol. Senyawa beta-sitosterol ini berfungsi untuk menjaga kadar kolesterol sehat dalam tubuh.

Studi penelitian telah memberikan laporan bahwa asupan alpukat mampu meningkatkan sifat antiaterogenik (terangkutnya kolesterol bebas dari pembuluh darah dan jaringan lain menuju hati yang selanjutnya akan dikeluarkan melalui empedu) dari HDL (High Density Lipoprotein), yang nantinya akan melindungi jantung Anda dari aterosklerosis (menumpuknya lemak, kolesterol, dan zat lain di dalam dan di dinding arteri. Tumpukan ini nantinya akan menyebabkan terhalangnya aliran darah).

Selain itu, kandungan kalium dalam alpukat mampu mengurangi ketegangan pada arteri dan pembuluh darah, sehingga mampu mengurangi kemungkinan terjadinya pembekuan darah, serangan jantung serta stroke.

4. Mencegah kanker

Rutin dan teratur mengkonsumsi buah alpukat mampu mencegah kanker payudara serta kanker prostat. Manfaat ini bisa didapat karena dalam buah alpukat kaya akan karotenoid dan lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kanker. Disamping itu, buah alpukat mengandung glutathione, antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari kanker serta bahaya radikal bebas. Studi kasus telah memberikan bukti bahwa para pengidap kanker mulut, kanker prostat, kanker kulit bisa sembuh dan sel kanker yang terdapat dalam tubuhnya mengalami apoptosis atau mati dengan sendirinya.

5. Menjaga kesehatan tulang

Dalam buah alpukat terdapat kandungan karotenoid, seperti lutein dan zeaxanthin, manfaat dari kandungan ini dapat menurunkan resiko cacat tulang rawan atau gejala osteoarthritis. Jadi, dengan rutin dan teratur mengkonsumsi alpukat, maka anda akan terhindar dari osteoporosis.

Selain itu, kandungan mineral seng, tembaga, selenium dan juga kalsium dalam alpukat akan berperan memperkuat dan menjaga kesehatan tulang anda sampai tua.

Baca juga : Tips Awet Muda dan Cegah Penuaan Dini Dengan Buah

6. Mengurangi arthritis

Buah alpukat memiliki karakteristik yaitu bersifat anti-inflamasi, adanya karakter ini dikarenakan terdapat kandungan phytochemical, flavonoid, karotenoid, serta asam lemak omega 3. Oleh sebab itu maka sangat tepat sekali apabila buah alpukat dijadikan makanan untuk mengurangi peradangan pada jaringan, sendi maupun otot. Dengan mengkonsumsi alpukat secara teratur, maka manfaat yang di berikan adalah kurangnya rasa sakit akibat dari arthritis (arthritis adalah peradangan sendi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri)

7. Baik untuk sistem pencernaan

Bagi pencernaan, khasiat buah alpukat dapat menenangkan usus serta ikut membantu proses pencernaan. Buah yang kaya akan serat larut dan serat tidak larut ini yang nantinya akan ikut menjamin kesehatan serta membantu kelancaran system pencernaan tubuh.

Selain itu, kandungan serat yang melimpah yang terdapat dalam buah alpukat juga ikut merangsang lambung dan pencernaan agar dapat meresap nutrisi secara lebih optimal. Selain itu, kandungan serat dalam alpukat juga dapat mengurangi gejala kram perut, sembelit serta diare.

8. Menjaga kesehatan mulut

Bau mulut yang tidak sedap bisa dikurangi dan dihilangkan dengan mengkonsumsi buah alpukat, terlebih lagi bau mulut yang disebabkan karena adanya gangguan sistem pencernaan maupun sakit perut. Sebenarnya, bau tak sedap yang keluar dari mulut bisa dikurangi dengan cara meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Kandungan flavonoid yang melimpah dalam buah alpukat bersifat antioksidan dan antibakteri yang nantinya akan membunuh bakteri berlebihan dalam mulut yang menjadi penyebab munculnya bau mulut. Selain itu, Alpukat juga dapat mencegah terjadinya kanker mulut.

9. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Limpahan nutrisi yang terdapat pada buah alpukat bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Begitu luar biasanya buah alpukat sehingga saat ini ekstrak alpukat banyak digunakan oleh para produser kecantikan, baik diekstrak menjadi komposisi utama bahan kosmetik maupun shampo. Sudah pasti cara ini ini adalah cara merawat kesehatan dan kecantikan dari luar.

Adapun rutin mengkonsumsi buah alpukat, maka manfaat yang akan didapat adalah terjaganya dan tercegahnya terjadinya kulit kering serta memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Dengan Sehatnya jaringan kulit dan juga terpeliharanya kulit dari kekeringan maka hal ini nantinya akan memberikan pengaruh positif bagi kesehatan rambut yang kering dan mudah rusak.

Selain dikonsumsi, Anda juga bisa menggunakan pasta alpukat untuk masker pada wajah atau bisa juga diusapkan langsung ke rambut. Minyak alpukat juga bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi psoriasis (kondisi ketika sel-sel kulit menumpuk dan menghasilkan bercak bersisik yang gatal dan kering). Kandungan beta-karoten dan likopen dalam alpukat yang membuat alpukat mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut Anda.

Baca juga : 17 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami, Cepat dan Mudah (TERBUKTI)

10. Menjaga kesehatan mata

Karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam buah alpukat bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata serta dapat mencegah terjadinya katarak, degenerasi makula serta penyakit mata lainnya.

Biasanya, kondisi seperti mata katarak dan degenerasi makula lebih dominan disebabkan oleh adanya penumpukan radikal beban dalam jaringan mata. Dengan adanya kandungan  karotenoid dalam buah alpukat yang bersifat antioksidan, maka nutrisi inilah yang nantinya akan membantu menetralkan efek negatif dari radikal bebas.

11. Mengurangi Morning Sickness

Morning Sickness adalah kondisi mual muntah yang terjadi saat hamil. Meski disebut morning sickness, kondisi ini tidak hanya terjadi pada pagi hari saja, tetapi juga pada siang, sore, atau malam hari selama masa kehamilan. Kandungan vitamin B6 yang melimpah yang terdapat pada buah alpukat mampu mengurangi masalah seperti morning sickness pada ibu-ibu hamil.

12. Menjaga berat badan

Dengan menerapkan pola hidup sehat serta menjaga pola makan dan ditunjang dengan berolahraga yang teratur, maka berat badan akan stabil dan terjaga dengan baik. Manfaat dari buah alpukat untuk menjaga berat badan yaitu alpukat mampu mendukung pengendalian berat badan melalui serat alami yang terkandung di dalamnya, sehingga dengan mengkonsumsi alpukat maka akan membuat anda merasa kenyang dalam waktu lebih lama.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

13. Kaya antioksidan

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah yang terdapat dalam buah alpukat serta didukung dengan kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya, sudah bisa dipastikan bahwa buah alpukat bisa menjadi antioksidan. Ditambah pula dengan adanya kandungan vitamin C dan vitamin E tanam alpukat, maka tingkat sifat antioksidan dari tubuh kita akan meningkat. Vitamin C akan meningkatkan metabolisme tubuh, vitamin E membantu mengurangi oksidasi dari LDL.

Selain itu, buah alpukat juga mengandung antioksidan lainnya, seperti violaxanthin, epicatechin, neochrome dan masih banyak lagi. Manfaat dari adanya Antioksidan ini adalah antioksidan akan menetralisir efek dari radikal bebas serta metabolisme sel yang berbahaya bagi tubuh. Bahaya dari adanya radikal bebas dan sel-sel berbahaya dalam tubuh dapat menyebabkan kanker, masalah penglihatan, penuaan dini, gangguan kognitif dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa manfaat dari buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa suhu X Uraikan, dan sesungguhnya masih banyak lagi manfaat dari buah alpukat yang bisa anda dapatkan informasinya dari website lainnya.

By the way, perlu Anda garis bawahi, walaupun buah alpukat memiliki banyak nutrisi dan kandungan baik yang berguna bagi kesehatan tubuh kita, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan tentu tidak akan baik. Mengkonsumsi buah alpukat secara berlebihan dapat menyebabkan migraine, mual, muntah serta kepekaan terhadap cahaya. Maka dari itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi alpukat secara berlebihan.

Post a Comment for "Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan & Kecantikan"

Berlangganan via Email