Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes Guna Mengendalikan Gula Darah

Makanan untuk penderita diabetes


Mengkonsumsi makanan yang baik guna mengendalikan penyakit diabetes yang sedang menyerang sistem metabolisme tubuh sangat diperlukan. Sistem metabolisme tubuh yang terjangkit diabetes akan mengakibatkan kadar gula yang tinggi dalam darah. Di seluruh dunia, kurang lebih 383 juta orang mengidap penyakit diabetes dan semakin hari kasusnya semakin meningkat dalam setiap tahunnya

Diabetes atau yang biasa disebut diabetes mellitus ada dua jenis, yaitu: diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2

Diabetes tipe 1, orang yang mengidap diabetes Tipe 1 berarti pankreas orang tersebut sudah tidak mampu lagi memproduksi insulin. Insulin adalah hormon yang bertugas menyerap gula darah dalam tubuh untuk ditransfer menuju ke sel-sel dalam jaringan lemak serta otot-otot rangka.

Kadar gula dalam darah yang terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh cepat merasa lapar, haus yang memicu orang tersebut selalu ingin makan. Hal ini akan memicu obesitas, meningkatkan buang air kecil serta masalah serius lainnya seperti gangguan jantung, gagal ginjal, kerusakan penglihatan, bahkan kematian mendadak pada orang tersebut.

Diabetes tipe 2, untuk diabetes tipe 2 ini sering dan banyak terjadi, karena orang yang terjangkit diabetes tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup dan bukan disebabkan oleh kesalahan metabolisme tubuh. Apabila anda terjangkit diabetes tipe 2, itu menunjukkan bahwa tubuh tidak mampu memanfaatkan insulin yang diproduksi oleh pankreas. Kondisi semacam ini akan menyebabkan kadar gula darah menjadi tidak stabil, yang pada akhirnya akan sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Diabetes tetap bisa diobati, namun butuh waktu yang lama dan dengan cara yang alami atau herbal. Adapun obat-obat yang dijual di pasaran hanya bertujuan untuk memantau serta mengendalikan kadar gula dalam darah saja, bukan untuk menyembuhkan.

Untuk mengendalikan penyakit diabetes, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol, mengendalikan, memantau penyakit diabetes. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat akan membuat tubuh menjadi lebih prima dan tetap sehat.

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes Guna Mengendalikan Gula Darah

Beberapa jenis makanan yang baik yang sebaiknya dikonsumsi oleh para penderita diabetes, adalah:


1. Sayuran hijau

Semua jenis sayuran hijau, seperti daun kelor, brokoli, bayam, sawi, daun pepaya dan lain sebagainya (yang di Negara Indonesia sangat banyak sekali). Semua itu merupakan makananan yang baik untuk mengendalikan dan mengontrol diabetes.

Keistimewaan sayur adalah rendah kalori dan karbohidrat, serta kaya akan antioksidan. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang rajin makan sayuran hijau mampu menurunkan resiko terserang diabetes tipe 2 sebanyak 14%.

2. Tomat

Pada tomat terdapat karotenoid serta flavonoid yang bekerja sebagai agen antiinflamasi (mengurangi peradangan, sehingga meredakan nyeri dan bisa menurunkan demam)
 serta sebagai antioksidan alami dalam tubuh. Manfaat dari kedua senyawa tersebut mampu menurunkan resiko penyakit kronis, mempebaiki kadar kolesterol, memperbaiki kondisi jantung, dan mengurangi gangguan yang dapat menyebabkan munculnya penyakit diabetes.

3. Bawang putih

Manfaat dari mengkonsumsi bawang putih dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mengurangi risiko stroke, mengurangi terjadinya pembekuan darah serta menurunkan tekanan darah. Semua penyakit tersebut merupakan komplikasi dari penyakit diabetes.

Baca juga : Tips Awet Muda dan Cegah Penuaan Dini Melalui Makanan

4. Bawang merah

Dalam bawang merah  terdapat berbagai  senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Senyawa tersebut diantaranya, flavonoid, capsaicin, quercetin yang kesemuanya merupakan senyawa yang bersifat antioksidan yang sangat kuat. Selain bermanfaat untuk mencegah kanker, bawang merah juga dapat dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, mengkonsumsi bawang merah mampu mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit kronis lainnya, seperti diabetes.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan serat yang merupakan komponen penting dalam menyerap gula berlebihan dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat yang terdapat dalam kacang-kacangan mampu mengatur pelepasan insulin dalam tubuh dan juga dapat menurunkan resiko stroke.

6. Beras merah 

Beras merah memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dibanding beras putih serta tidak mengandung lemak trans dan bergizi tinggi. Manfaat berasa merah bagi penderita diabeter yaitu berperan dalam menghambat pelepasan glukosa ke dalam darah, sehingga dengan mengkonsumsi beras merah mengurangi risiko memengaruhi gula darah dalam tubuh. Di samping itu, tingginya kandungan serat dalam beras merah dapat membantu menurunkan kolesterol, memindahkan sisa limbah makanan melalui saluran pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah.

Beras merah mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin B, zat besi, kalsium, dan zink. Bahkan dalam sebuah penelitian dinyatakan bahwa beras merah mengandung selenium dan magnesium. Selenium memainkan peran penting dalam enzim antioksidan dan mempengaruhi fungsi tiroid.

Baca juga : Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan & Kecantikan

7. Ubi jalar

Pada ubi jalar terdapat kandungan senyawa antosianin dan antioksidan yang dapat mencegah terjadinya penyakit kronis. Dengan mengkonsumsi ubi jalar, maka kadar gula dalam tubuh bisa dikendalikan. Antioksidan yang terdapat pada ubi jalar bisa mencegah terjadinya penyakit jantung koroner dan kanker. Penyakit jantung koroner biasanya disebabkan oleh adanya penyakit diabetes.

8. Blueberry

Buah yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, dalam buah blueberry terdapat kandungan anthocyanin dalam jumlah yang sangat banyak. Manfaat dari senyawa Anthocyanin ini mampu menurunkan resiko terjadinya diabetes tipe 2 sebanyak 22%.

9. Cokelat hitam

Kandungan flavonoid banyak terdapat pada coklat hitam. Disamping itu pula, coklat hitam memiliki senyawa yang bersifat antioksidan yang mampu mengurangi terjadinya resistensi insulin serta meningkatkan sensitivitas insulin. Bahkan, manfaat lain dari mengkonsumsi coklat hitam bisa mengurangi kolesterol, sehingga dengan kurangnya kolesterol pada tubuh dapat mengurangi masalah pada tekanan darah sekaligus menjaga kesehatan jantung.

10. Ikan

Daging ikan mengandung omega 3, sehingga dengan mengkonsumsi ikan akan memberikan omega 3 untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain Selain itu, daging ikan juga mengandung protein yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan adanya kombinasi antara omega 3 dengan protein, maka hal ini akan dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dalam tubuh, sehingga kadar gula dalam darah kita akan tetap stabil.

11. Putih telur

Putih telur kaya akan kandungan protein serta kadar karbohidratnya sangat rendah. Mengkonsumsi putih telur sangat baik untuk penderita diabetes karena putih telur memiliki manfaat mampu mengendalikan diabetes. Dengan kandungan yang kaya protein serta kadar karbohidrat yang rendah, maka akan membuat kadar gula dalam darah anda menjadi lebih stabil dan akan mencegah terjadinya diabetes tipe 2.

12. Oatmeal

Kandungan serat larut banyak terdapat pada oatmeal, sehingga dengan mengkonsumsi oatmeal maka dapat mencegah dan mengurangi rasa lapar yang berlebihan. Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat pada oatmeal mampu memblokir penyerapan karbohidrat, sehingga kadar gula dalam darah akan tetap stabil. Disamping itu, nutrisi yang terdapat pada oatmeal dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah) serta kolesterol tinggi, yang yang mana hal ini sangat berbahaya bagi orang-orang yang mengidap diabetes.

13. Yoghurt tanpa lemak

Yoghurt tanpa lemak adalah makanan yang kaya akan protein dan rendah lemak. Dengan mengkonsumsi yogurt tanpa lemak, maka akan menurunkan penyerapan gula dalam tubuh. Pada yogurt tanpa lemak terdapat kandungan kalsium yang dapat berperan dalam tercegahnya diabetes tipe 2.

14. Quinoa

Quinoa (spesies tanaman dari genus goosefoot yang berasal dari pegunungan Andes, Peru) merupakan jenis makanan sereal yang kaya akan protein serta mengandung serat yang baik untuk kesehatan. Manfaat dari mengkonsumsi quinoa dapat meningkatkan sensitivitas insulin serta mengatur penyerapan karbohidrat dalam tubuh, hal ini akan memberikan dampak positif bagi tubuh yang berupa kadar gula dalam darah penderita diabetes tetap stabil.

15. Almond

Kacang almond memiliki kandungan yang kaya akan magnesium serta lemak tak jenuh tunggal. Manfaat dari kandungan ini berperan dalam mengatur metabolisme karbohidrat. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan magnesium, seperti almond, mampu menurunkan resiko mengalami diabetes tipe 2 sebanyak 30%.

16. Minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun bagi penderita diabetes sangat baik sekali. Dengan mengganti minyak biasa ataupun mentega untuk menggoreng masakan dengan minyak zaitun, maka dapat mencegah perkembangan penyakit diabetes sebanyak 50%.

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang sangat banyak sekali, di samping itu lemak tak jenuh tunggal yang terdapat pada minyak zaitun akan ikut serta dalam mengurangi penyakit jantung serta mengurangi kadar kolesterol yang jahat yang merupakan komplikasi dari penyakit diabetes.

Baca juga : Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan Anda, Sunguh Luar Biasa

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk para penderita diabetes agar kadar gula darah dalam tubuhnya bisa dikendalikan. Sekian dulu dari suhu X, semoga bermanfaat

Post a Comment for "Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes Guna Mengendalikan Gula Darah"

Berlangganan via Email