Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menyehatkan Kulit

Kulit sehat

Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menyehatkan Kulit - Untuk mendapatkan kulit yang sehat, lembut, halus, bersih, bersinar maka harus ada kontrol pada diri anda. Baik itu kontrol kebiasaan, kontrol pola hidup sehat serta menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

Bahkan, makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari harus ikut dikontrol, Karena, ketika kita mengkonsumsi makanan sembarangan, bisa jadi makanan tersebut akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit kita.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang memang dapat menyehatkan kulit dan ada pula makanan dan minuman yang dapat merusak kulit (menjadikan kulit kering dan kasar dan lain sebagainya).

Organ yang paling luar dari anggota tubuh kita adalah kulit. Karena posisinya berada di zona paling luar maka kulit sangat rentan mengalami kerusakan. Oleh sebab itulah maka banyak sekali orang yang berlomba-lomba ingin agar kulit tetap sehat.

Sebuah anugerah tersendiri dari sang pencipta bahwa sel-sel kulit kita yang mengalami kerusakan dapat dengan cepat melakukan regenerasi. Walaupun begitu, kulit adalah organ yang paling banyak dan sering menghadapi serangan, baik itu dari luar maupun dari dalam tubuh sendiri. Menempati posisi paling luar tubuh membuat kulit sangat rentan terhadap kondisi cuaca, perubahan suhu udara, kerusakan secara fisik, berkurangnya kelembaban, terkena radikal bebas, radiasi dan masih banyak lagi. Sehingga kulit sangat membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi agar kesehatannya tetap terjaga dengan baik.

Asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit agar kulit tetap sehat meliputi vitamin A, vitamin C, vitamin E, antioksidan, asam lemak, omega 3 serta mineral seng. Asupan nutrisi di atas sangat berfungsi untuk kulit agar kulit tetap sehat.

Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menyehatkan Kulit

Di bawah ini, Suhu X paparkan beberapa beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menyehatkan kulit, seperti:


1. Jeruk

Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menyehatkan Kulit

Buah jeruk kaya akan Vitamin C, yang dalam vitamin C tersebut terkandung asam askorbat. Dalam memproduksi kolagen dalam tubuh, vitamin C mengambil peranan penting dalam pembentukannya. Kolagen berfungsi sebahai penyusun jaringan intraseluler, jaringan otot, pembuluh darah serta organ.

Keberadaan Vitamin C dalam tubuh dapat menangkal dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Tingginya kadar vitamin C dalam tubuh bisa menjadikan tubuh terlidungi dari bakteri dan virus, karena fungsi vitamin C berfungsi sebagai antioksidan tubuh. Dengan adanya tubuh terlindungi dan adanya antioksidan, maka penuaan dini dan keriput dapat dicegah. Di samping itu juga, vitamin C ikut serta dalam meningkatkan penyembuhan luka dan noda bekas luka.

2. Biji labu

Mineral seng banyak terkandung dalam biji labu. Keberadaan seng sangat penting sekali dalam menjaga kesehatan kulit. Seng adalah mineral yang sangat unik. Manfaat mineral seng bagi kulit adalah meningkatkan proses regenarasi sel kulit, memperkuat membran sel kulit sertamembantu meningkatkan produksi kolagen.

3. Almond

Kacang almond Memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan kulit, walaupun kacang-kacangan lain juga bermanfaat, akan tetapi peran serta kacang almond lebih besar pada  kulit daripada kacang-kacang yang lain.

Manfaat dari mengkonsumsi kacang almond adalah terlindunginya kulit akibat paparan sinar ultraviolet secara langsung yang berbahaya bagi kulit. Kandungan vitamin E yang terdapat pada kacang almond bisa mencegah kanker kulit serta menjadi antioksidan yang berperan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

4. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran yang bisa kita konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam brokoli terdapat kandungan vitamin C dan vitamin E yang keduanya sangat baik untuk kesehatan kulit. juga bisa kita konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan rutin mengkonsumsi sayur brokoli, maka kulit kita akan terjaga dan lebih tahan terhadap efek negatif dari radikal bebas serta tahan efek negatif sinar ultraviolet.

5. Gandum

Gandum sekarang ini banyak menjadi komposisi utama dari bahan makanan seperti roti gandum pasta dan lain sebagainya. Mengkonsumsi gandum sangat berguna bagi kulit yaitu terjaganya kesehatan kulit, karena dalam gandum terkandung mineral selenium. Manfaat mineral selenium bagi kulit adalah memperkuat sel-sel kulit luar serta meningkatkan fleksibilitas dan elastisitas kulit. Jadi, dengan rutin mengkonsumsi gandum akan membuat kulit semakin kuat dan tampak lebih muda.

6. Ikan

Manfaat ikan bagi kulit sangat besar sekali, karena dalam ikan terkandung asam lemak omega 3 yang berfungsi dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Jenis ikan, seperti salmon, makarel, hering bahkan ikan teri, dapat menyehatkan kulit kita, karena dalam ikan-ikan tersebut terdapat lemak omega 3 mampu mengurangi resiko kanker kulit, melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung, meningkatkan kelembaban kulit, menjaga elastisitas kulit, memperkuat membrane kulit serta mengurangi peradangan pada sel kulit.

Dengan rutin mengkonsumsi ikan  maka akan meningkatkan penampilan serta kesehatan kulit.

7. Minyak Zaitun

Manfaat dari minyak yang satu ini sudah terkenal sekali dalam dunia medis dan kecantikan. Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang manfaatnya pada kulit adalah dapat mengurangi peradangan maupun iritasi pada kulit. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki sifat antioksidan yang ikut mencegah terjadinya kerusakan pada bagian kulit.

Dengan menggunakan minyak zaitun, baik untuk memasak, bermasker, berlulur dan lain sebagainya, maka manfaat minyak zaitun tersebut mampu menjaga kesehatan tubuh dari luar dan dalam. Dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit, maka kulit akan menjadi semakin lembut dan mampu mengurangi keriput.

8. Susu rendah lemak

Di dalam susu rendah lemak terdapat kandungan vitamin A. Vitamin A bermanfaat bagi tubuh karena vitamin A termasuk antioksidan yang kuat. Dalam tubuh Vitamin A akan diurai secara alami dan nantinya akan diproses menjadi beta karoten. Manfaat beta karoten bagi kulit adalah meningkatkan kesehatan kulit.

9. Air

Kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan rusaknya jaringan kulit. karena kulit organ paling luar, maka kulitlah yang rentan dan awal terkena sinar ultraviolet secara langsung. Apabila tubuh kurang cairan, maka dengan mudah kulit menjadi kering.

Untuk menjaga kulit agar tidak mengalami kekurangan cairan, maka kita harus minum air.

Sekarang ini, begitu banyak macamnya minumanan, lantas minum air apa yang bisa membuat tubuh tetap sehat dan mampu mengeluarkan racun dalam tubuh?

Jawabannya adalah Air putih.

Dengan meminum air putih, maka racun yang ada di dalam tubuh akan dikeluarkan dengan cara buang air kecil. Disamping itu dengan memperbanyak minum air putih maka ginjal akan terjaga kesehatannya. Manfaat air putih yang diminum bagi kulit adalah menjaga kelembaban kulit serta menjaga cairan tubuh.

Nah itulah beberapa Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menyehatkan Kulit yang dapat Suhu X kemukakan, semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menyehatkan Kulit"

Berlangganan via Email