Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menganggu Kesehatan Ginjal

Menjaga Kesehatan Ginjal

Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menganggu Kesehatan Ginjal - Makanan dan minuman dapat mengganggu kesehatan ginjal, di samping juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Ada efek samping "plus-minus" dalam makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Keuntungan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan terpenuhinya kebutuhan tubuh kita akan gizi dan nutrisi. Selain itu, ada pula efek negatif yang diberikan oleh makanan pada tubuh kita.

Untuk yang memberi efek negatif inilah kita disarankan berhati-hati, jangan sampai kebablasan dalam mengkonsumsi. Karena kalau sampai kebablasan atau terlanjur atau terlalu banyak, maka ginjal kita yang akan menjadi sasaran dan mengalami kerusakan akibat makanan tersebut.

Artinya, Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat mengganggu kesehatan ginjal

Banyak orang yang tidak tahu akan pentingnya organ ginjal sebagaimana pentingnya organ tubuh yang lain seperti paru-paru, jantung, hati, otak dan lain-lainnya, sehingga banyak orang yang tidak begitu mementingkan kesehatan ginjal. Padahal ginjal memegang peranan penting dalam tubuh, yaitu berfungsi menyaring lebih dari 200 liter darah setiap harinya.

Darah yang mengalir dalam tubuh kita setiap detik, setiap menit selalu disaring dan dibersihkan oleh ginjal dari berbagai racun yang menyertai darah. Racun-racun tersebut kemudian disaring dan di arahkan oleh ginjal masuk ke kandung kemih, dari kandung kemih nantinya akan dikeluarkan bersama urin. Ginjal yang sehat akan mampu bekerja secara optimal dalam membuang racun yang berbahaya bagi tubuh.

Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menganggu Kesehatan Ginjal

Dari berbagai jenis makanan dan minuman yang banyak ini, anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya, Karena ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat mengganggu kesehatan ginjal.

Makanan Dan Minuman Yang Menganggu Kesehatan Ginjal, diantaranya :

1. Daging merah

Mengkonsumsi daging merah memang baik buat tubuh, karena ia adalah nutrisi hewani. Akan tetapi apabila mengkonsumsinya secara berlebihan, maka akan menyebabkan gangguan pada ginjal. Karena begitu nikmatnya mengkonsumsi daging merah, biasanya seseorang lupa diri sehingga ia mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Kalau sudah begitu, maka daging merah yang awalnya memberi manfaat bagi tubuh akan menjadi pengganggu kesehatan ginjal. Bahkan dapat menyebabkan batu ginjal. Langkah terbaiknya adalah batasi konsumsi daging merah dan perbanyak konsumsi sayur dan buah segar.

2. Susu

Dalam susu terdapat kandungan protein hewani. Protein ini sifatnya asam. Semakin banyak protein hewani ini kita konsumsi, maka pH tubuh kita akan semakin asam, dan ini akan memberatkan kerja ginjal untuk membuat darah menjadi netral. Cara terbaik untuk menetralkan kadar asam dalam tubuh, maka asupan kalsium yang banyak yang menjadi penawarnya, Karena kalsium akan ikut berperan dalam mengeluarkan kelebihan protein dalam tubuh.

Bila asupan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk menetralkan pH keasaman tubuh karena terlalu banyaknya konsumsi susu hewani, maka efek negatif lainnya adalah osteoporosis. Langkah terbaiknya adalah ganti susu hewani dengan dengan susu kedelai atau susu almond.

3. Kafein

Manfaat kafein bagi tubuh kita yaitu bisa membuat tubuh menjadi terasa lebih energik. Akan tetapi di sisi lain, kafein dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan organ ginjal. Bukan hanya itu saja efek samping dari kafein pada ginjal, ternyata kafein juga dapat meningkatkan resiko terserang batu ginjal. Resiko terkena gangguan ginjal yang disebabkan oleh kafein akan lebih meningkat lagi bila anda minum kopi dalam kondisi perut kosong. Oleh sebab dari itu, sebaiknya kurangi mengkonsumsi kafein untuk menjaga kesehatan organ ginjal.

4. Pemanis buatan

Jangankan mengkonsumsi pemanis buatan, mengkonsumsi gula secara berlebihan saja, sudah bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan, apalagi mengkonsumsi pemanis buatan. Yang namanya buatan (non natural) sudah pasti sintetis dari bahan kimia. Jika dikonsumsi oleh tubuh, maka bukan nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang masuk, melainkan racun. Dan pemanis buatan adalah racun yang berbahaya bagi kesehatan.

Di banyak sekali minuman yang dijual cari bahan atau komposisi yang mengandung gula buatan. Mengkonsumsi gula buatan secara berlebihan, efek sampingnya adalah menurunkan fungsi ginjal yang pada akhirnya akan menyebabkan gagal ginjal.

5. Minuman bersoda

Minuman yang satu ini memang nikmat untuk diminum, akan tetapi efek negatif yang ditimbulkan jauh lebih banyak bahkan jauh lebih membahayakan kesehatan. Meminum minuman bersoda berefek pada gangguan pada tulang maupun ginjal. Kandungan asam yang terdapat pada minuman bersoda dapat melarutkan kalsium, sehingga akan mempercepat terjadinya pengeroposan tulang serta membuat ginjal tidak optimal dalam bekerja. Ketika fungsi ginjal sudah tidak optimal kembali, maka ginjal tidak akan bisa mengeluarkan racun dan limbah dari dalam tubuh.

Mengkonsumsi 2 kaleng soda atau bahkan lebih dalam sehari mampu menyebabkan gangguan pada ginjal lebih cepat. Belum lagi efek negatif dari kandungan pemanis buatan yang terdapat dalam minuman bersoda. Sehingga Dengan meminum minuman bersoda akan mempercepat terjadinya penyakit ginjal kronis.

6. Garam

Natrium klorida yang terkandung dalam  garam dapat merusak serta mengganggu kesehatan organ ginjal. Mengkonsumsi garam dalam jumlah yang banyak tanpa disertai dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium, dapat menyebabkan serangan jantung mendadak yang dapat mengantarkan pada kematian mendadak. Bila kandungan garam banyak dalam tubuh, maka tubuh sangat membutuhkan lebih banyak air untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Cairan dalam tubuh berfungsi untuk menjaga system kardiovaskular, sehingga kinerja ginjal dapat bekerja dengan keras untuk mengurangi kelebihan garam dalam tubuh. Efek negatif yang lain yang disebabkan oleh garam Selain menyebabkan gangguan kesehatan pada ginjal adalah garam mampu mempercepat proses penuaan serta merusak tulang.

7. Obat-obatan

Dalam obat-obatan (tertentu), ada obat yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan ginjal. Faktor yang menjadikan obat-obatan sebagai suatu hal yang dapat mengganggu kesehatan ginjal adalah obat-obatan dapat mengurangi aliran darah ke ginjal.

Beberapa jenis obat-obatan tertentu yang dapat mengganggu kesehatan ginjal di antaranya adalah obat penghilang rasa sakit, obat pereda nyeri. Bahkan obat pereda nyeri non steroid justru mampu menyebabkan gagal ginjal kronis, bila digunakan secara berlebihan. Jadi,  jangan gampang atau sering sering minum obat apabila sedang mengalami sakit ringan, karena sering minum obat justru bisa mendatangkan bahaya yang lebih besar.

8. Makanan olahan

Makanan yang diolah dari beberapa jenis komposisi tertentu juga dapat mengganggu kesehatan ginjal. Faktor yang mendasari Mengapa makanan olahan dapat mengganggu kesehatan ginjal, karena dalam makanan olahan terdapat banyak sekali bahan sintetis yang sangat berbahaya bagi kesehatan, khususnya bagi organ ginjal maupun hati.

Disamping itu, makanan olahan biasanya banyak mengandung garam, pemanis buatan, yang keduanya ini juga berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama ginjal. Solusi terbaiknya adalah hindari mengkonsumsi makanan olahan, baik olahan pabrik ataupun olahan rumahan. Gantilah mengkonsumsi makanan olahan dengan mengkonsumsi makanan segar seperti buah dan sayuran.

Mungkin Cukup Sekian dari Suhu X mengenai "Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menganggu Kesehatan Ginjal" Semoga bermanfaat dan anda selalu sehat serta ginjal Anda sehat.

Post a Comment for "Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menganggu Kesehatan Ginjal"

Berlangganan via Email