Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet Soda Sangat Berbahaya bagi kesehatan tubuh

Bahaya Diet Soda


Diet Soda Sangat Berbahaya bagi kesehatan tubuh - Diet soda memang menjanjikan hasil yang cepat, tapi itu hanya janji hasil diet, bukan hasil sehat serta tanpa melihat efek samping yang akan ditimbulkan setelah penerapan diet soda pada tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Illinois menyebutkan bahwa:
diet soda dapat menyebabkan bahaya yang hampir sama buruknya dengan efek dari minuman bersoda.

Banyak orang beranggapan bahwa kelebihan kalori adalah pemicu utama adanya obesitas, sehingga mereke beralih pada diet soda dengan alasan bahwa diet soda adalah pengganti terbaik dari minuman manis. Mereka berdalih bisa mengkonsumsi makanan manis tanpa takut obesitas, sehingga mereka bisa menikmati manis tanpa takut kelebihan berat badan, bahkan bisa sekaligus diet.

Anggapan semacam ini adalah salah besar. Karena dengan mengkonsumsi diet soda, sebenarnya akan menarik bahaya yang lebih besar, karena seseorang yang sudah terbiasa melakukan diet soda, tubuh akan minta bagian untuk terpenuhinya jumlah kalori dalam tubuh. Inilah pemicu utama yang dapat mendorong seseorang untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih banyak.

Bahkan, bukan hanya itu saja, seorang yang melakukan diet soda cenderung mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Karena makanan yang mereka konsumsi tidak sehat, sudah pasti akan membawa dampak yang buruk, yaitu jumlah kalori dalam tubuh akan menjadi semakin meningkat.

Masih dalam survei penelitian University of Illinois, para responden diminta untuk memilih minuman, seperti minuman manis, teh, kopi, diet soda serta alkohol. Hasilnya lebih dari 90% responden memilih untuk minum diet soda. Aneh bukan?

Para responden yang memilih untuk meminum diet soda mempunyai alasan bahwa dirinya ingin tak ingin menumpuk kalori dalam tubuhnya, dan mereka percaya bahwa minuman diet soda adalah minuman yang bebas dari kalori. Andaikata berkalori, minuman diet soda adalah konsumsi yang paling minimum kandungan kalorinya. "begitulah keyakinan para responden".

Diet Soda Sangat Berbahaya bagi kesehatan tubuh

Lalu bagaimana sejatinya minuman diet soda tersebut?
Ternyata kenyataannya justru sebaliknya.

Orang-orang yang meminum diet soda mereka berkeyakinan bahwa mereka boleh mengkonsumsi makanan apa saja dan dalam porsi yang lebih banyak. Makanan-makanan yang mereka konsumsi nantinya akan dihancurkan oleh usus dengan bantuan diet soda, begitu juga dengan kalori yang terdapat pada makanan  akan dihancurkan pula oleh usus dengan bantuan soda, dan makanan-makanan tersebut tidak memberi pengaruh apapun terhadap obesitas. itulah yakinan yang ada pada para peminum diet soda.

Rasa yang tidak begitu manis yang terdapat dalam minuman diet soda membuat para peminum diet soda merasa yakin bahwa minuman diet soda adalah minuman terbaik, karena disamping rasanya yang manis, minuman diet soda tidak menyebabkan obesitas, bahkan menghancurkan kalori yang berlebih dalam tubuh. Pemahaman ini sungguh sangat kacau sekali.

Hampir seluruh para peneliti serta ahli kesehatan tidak merekomendasikan seseorang untuk memilih minuman diet soda untuk mengurangi berat badan. Sebab, cara seperti benar-benar cara yang salah.

Para ahli dan para dokter sudah mengangkat dan memberikan warning kepada seluruh umat manusia bahwa minuman bersoda adalah minuman yang buruk bagi kesehatan. Kandungan gula yang terdapat pada minuman bersoda kadarnya sangat tinggi. Sehingga dengan meminum minuman bersoda justru berpotensi menyebabkan penumpukan kalori dalam tubuh yang pada akhirnya akan menyebabkan berat badan bertambah. Anda bisa baca penjelasan lebih lanjutnya mengenai minuman Bahaya Minuman Bersoda, Terutama Formulasi Khusus Diet

Karena kurangnya informasi dan pengetahuan tentang minuman bersoda, banyak orang menganggap minuman diet soda aman bagi kesehatan. Sedangkan minuman  bersoda dianggap minuman yang buruk bagi kesehatan maupun berat badan. Minuman diet soda dalam kemasannya memang terdapat tulisan atau label diet, sehingga  adanya label tersebut membuat Kebanyakan orang  yang menganggap bahwa minuman diet soda mengandung kalori yang rendah atau bahkan tidak mengandung kalori.

Komposisi yang terdapat dalam diet soda mengandung pemanis buatan yang sebenarnya rasanya lebih manis daripada gula. Akan tetapi, minuman diet soda terasa kurang manis.

Mengapa bisa begitu?

Karena ketika seseorang sudah terbiasa mengkonsumsi diet soda, lidahnya sudah tidak mampu lagi merasakan manisnya, karena bahan pemanisnya berbeda dengan gula biasa.

Meskipun dalam kemasan diet soda terdapat label yang bertuliskan tidak mengandung kalori, tetap saja diet soda memiliki rasa manis karena masih mengandung pemanis. Walaupun pemanis buatan yang menjadi komposisi diet soda tersebut tidak mengandung kalori. Tapi, pada umumnya diet soda menggunakan pemanis buatan, seperti laktitol, sorbitol, aspartame, xylitol, poliol, maupun manitol.

Dalam sebuah penelitian, memang dinyatakan bahwa penggunaan pemanis buatan dalam jumlah yang wajar atau di bawah batas maksimal serta sesuai dengan yang direkomendasikan maka pemanis tersebut aman untuk dikonsumsi.

Dengan adanya penelitian tentang diet soda di atas, maka bukan berarti langsung diambil kesimpulan bahwa minuman bersoda merupakan satu-satunya penyebab dari munculnya obesitas. Bukan begitu. Akan tetapi munculnya penyakit bukan hanya karena adanya faktor tunggal, namun keberadaan penyakit yang menyerang tubuh dan mengkikis kesehatan merupakan akumulasi dari berbagai macam faktor.

Perlu dicatat bahwa terjadinya obesitas bukan karena minuman bersoda saja, namun bisa juga karena adanya faktor lainnya, seperti mengkonsumsi makanan secara berlebihan, gaya hidup yang buruk serta faktor kurangnya melakukan aktivitas fisik.

Serta, tidak menutup kemungkinan yang lain bahwa meminum minuman lainnya, seperti kopi manis, susu manis, teh manis, juga dapat menambah kalori dalam tubuh yang pada akhirnya menyebabkan obesitas. Jadi adanya kelebihan kalori dalam tubuh kita bukan hanya karena minuman bersoda saja.

Post a Comment for "Diet Soda Sangat Berbahaya bagi kesehatan tubuh"

Berlangganan via Email