Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buah, Sayur dan Biji-bijian Yang kaya Asam Folat

Kaya Asam Folat


Asupan nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh kita setiap hari. Salah satunya adalah kebutuhan asam folat. Asam folat adalah nama lain dari vitamin B9.

Keberadaan asam folat sangat dibutuhkan oleh wanita, terlebih lagi bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Manfaat utama asam folat bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan adalah karena keberadaan asam folat berfungsi untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat, membatu perkembangan otak janin dan an mencegah terjadinya cacat pada cabang bayi yang sedang berada dalam kandungan sang ibu.

Bagi wanita yang sedang hamil, maka ia membutuhkan minimal 400 – 600 mcg asam folat setiap harinya.

Apabila terjadi kekurangan suplai asam folat atau vitamin B9 pada wanita yang sedang dalam masa kehamilan, maka resiko yang akan ditimbulkan akibat kurangnya asam folat pada wanita yang sedang dalam masa kehamilan adalah masalah pada kesehatan, seperti anemia, sariawan, diare serta bayi yang lahir akan cacat.

Di Indonesia, banyak sekali jenis makanan yang menyimpan kandungan asam folat atau vitamin B9. Ini adalah sebuah keuntungan tersendiri bagi kita yang berada di negara Indonesia. Bumi Indonesia menyediakan berbagai jenis makanan yang kaya akan asam folat. Sudah sepatutnya kita bersyukur kepada Tuhan akan hal ini. Karena kita tak perlu jauh-jauh untuk mencari makanan yang mengandung asam folat atau vitamin B9,  karena semua ada di sekitar kita.

Ada banyak sekali jenis makanan yang banyak mengandung asam folat atau vitamin B9 di sekitar kita. Nah, kali ini Suhu X akan ulas satu persatu makan yang mengandung asam folat secara urutan kadar asam folatnya, baik dari buah-buahan, sayuran dan biji-bijian

Apa saja makanan yang kaya akan asam folat?, Yuk kita simak bersama

Buah yang kaya asam folat

1. Asam Folat Pepaya

Kita akan mudah menemukan Buah Pepaya di sekitar kita, kandungan asam folat yang terdapat pada buah pepaya sangat tinggi sekali yaitu mencapai sekitar 115 mcg. Inilah buah yang paling kaya akan asam folat.
pepaya alpukat Buah yang kaya asam folat

2. Asam Folat Alpukat

Buah Alpukat kaya akan berbagai nutrisi yang sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh kita. Diantara kandungan yang terdapat pada buah alpukat adalah vitamin K serta asam lemak. Manfaat asam lemak  pada alpukat berperan dalam mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh kita. Untuk kandungan asam folat yang terdapat pada buah alpukat relatif tinggi yaitu mencapai 90 mcg atau sama dengan 22% kebutuhan tubuh akan asam folat.

3. Asam Folat Jeruk

Buah jeruk disamping memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, buah jeruk juga mengandung asam folat. Untuk buah jeruk, dalam 1 buah jeruk biasanya mengandung sekitar 50 mcg asam folat.

Ini artinya, Ketika anda mengkonsumsi satu buah jeruk sehari, maka kebutuhan vitamin C dan asam folat harian anda sudah tercukupi.


4. Asam Folat Strawberry

Strawberry merupakan buah mengandung banyak vitamin dan mineral. Buah yang memiliki rasa  asam manis ini, salah satu vitamin yang terkandung di dalamnya adalah asam folat. Asam folat yang terkandung dalam buah strawberry berkisar sekitar 25 mcg.

Baca juga : Tips Awet Muda dan Cegah Penuaan Dini Dengan Buah


Sayuran yang kaya Asam folat

1. Asam Folat Bayam

Bayam kaya Asam Folat

Sayuran yang kaya akan kandungan Zinc ini sangat banyak dan digemari di Indonesia. Sayur bayam mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh kita. Karena dalam bayam terdapat kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Bayam mengandung asam folat yang tinggi sekali. Bahkan untuk ukuran satu cangkir bayam mengandung asam folat sebanyak 263 mcg. Begitu pula kandungan zat besi yang terdapat pada sayur bayam ini, juga sangat tinggi.

Baca juga : Jenis Sayuran ini Sangat Cepat Untuk Menurunkan Berat Badan

2. Asam Folat Kentang

kentang kaya Asam Folat

Sayuran yang berasal dari daratan Amerika Selatan ini, keberadaannya sekarang sudah terkenal dimana-mana, bahkan di benua Eropa. Sekarang, di setiap restoran cepat saji rata-rata menyiapkan menu kentang goreng sebagai pelengkap makanan. Inilah yang membuat kentang menjadi cepat terkenal dan cukup dikenal.
Namun, kentang memiliki banyak jenis dan beragam warna. Di samping mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi, kentang juga mengandung asam folat sebesar 30 mcg.


Biji-bijian yang kaya Asam folat

1. Asam Folat Kacang hijau

kacang hijau kaya Asam Folat

Kacang hijau atau yang lebih populer dengan sebutan kacang ijo memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan kita. Diantara manfaat dari kacang hijau untuk tubuh kita diantaranya adalah mengatasi rambut rontok, menghilangkan biang keringat serta dapat mengobati disentri.

Untuk ukuran satu cangkir kacang hijau, di dalamnya terdapat kandungan asam folat sebanyak 101 mcg. Dengan mengkonsumsi kacang hijau setiap hari secara rutin, maka kebutuhan tubuh terhadap asam folat harian akan tercukupi dan kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

2. Asam Folat Biji bunga matahari

Biji-bijian Yang kaya Asam Folat

Biji bunga matahari atau yang sering di sebut Kuaci atau Kwatji memiliki kandungan asam folat. Dalam ukuran seperempat cangkir biji bunga matahari, kandungan asam folatnya mencapai 82 mcg.

Selain mengandung asam folat, manfaat lain yang bisa didapat dari mengkonsumsi biji bunga matahari adalah baiknya pencernaan. Karena dalam biji bunga matahari terdapat kandungan serat yang sangat bagus untuk pencernaan.

3. Asam Folat Jagung

Siapa yang menyangka bahwa jagung memiliki kandungan asam folat yang lumayan cukup banyak. Kandungan asam folat yang terdapat pada jagung dalam satu cangkir jagung rebus mengandung sekitar 76 mcg asam folat. Hal ini setara dengan 20% kebutuhan asam folat harian yang dibutuhkan tubuh.

Nah, dari uraian di atas mengenai buah, sayur dan biji-bijian yang kaya akan asam folat, Anda dipersilahkan memilih, yang mana yang anda suka dan anda bisa memperolehnya. Di sini suhu X hanya memaparkan saja, untuk penggunaan dan pemakaiannya, semua dikembalikan kepada selera anda. Semoga bermanfaat. salam Suhu X

Post a Comment for "Buah, Sayur dan Biji-bijian Yang kaya Asam Folat"

Berlangganan via Email