Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Secara Alami

Konsentrasi & Daya Ingat Meningkat

Meningkatkan daya ingat sangat terkait dengan usaha dan kemauan yang kuat serta disiplin dan konsisten yang tinggi. Intinya ada pada subjeknya sendiri, mau atau tidak mau.

Maksudnya bagaimana toh?

Jadi begini... Ketika anda sering lupa atau bahkan susah mengingat sesuatu yang pernah anda lakukan, itu berarti ada kelemahan dalam diri anda dalam mengingat sesuatu, artinya daya ingat anda melemah.

Apakah tidak bisa disembuhkan atau di obati?

jawabannya : bisa...!!

Tapi itu tadi, kunci utamanya adalah usaha dan kemauan yang kuat serta dibarengi dengan disiplin dan konsistensi yang tinggi.

Mengapa bisa begitu?

Ya... Karena mengobati kelemahan daya ingat dan merosotnya kecerdasan otak itu gampang-gampang susah.

Gampang.....
ya memang gampang. 
Kenapa?
Karena meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak bisa diobati dan diatasi.

Susah.... 
ya memang susah.
Kenapa? 
Karena membangkitkan usaha dan kemauan yang kuat serta disiplin dan konsisten yang tinggi, itu tidak mudah.

Merosotnya daya ingat akan menyebabkan mudah lupa dan susah mengingat. Kondisi semacam ini tidak bisa dianggap sebagai hal yang sepele, karena Dampak yang akan di akibatkan dalam kehidupan akan sangat buruk apabila dibiarkan terus-menerus dan tidak segera diatasi.

Silakan Anda pikirkan dan anda angan-angan, ketika Anda harus mengadakan perjanjian bisnis bersama klien, dan anda lupa bahwa Anda harus menemui klien di sebuah tempat untuk menjalin partner bisnis, betapa meruginya anda, karena batalnya sebuah kesepakatan dan kontrak bisnis. Contoh kejadian lainnya yang sering dialami orang, atau bahkan Anda sendiri, sangat banyak sekali

Berikut ini Suhu X ulas tips meningkatkan daya ingat, diantaranya adalah :

1. Rajin Berolahraga
Berolahraga di sini bukan harus lari sejauh sekain ratus meter atau angkat barbel sekian kilogram. Cukup yang ringan-ringan saja seperti jalan kaki, lari pagi atau bersepeda yang dilakukan secara rutin. Yang penting adalah rutin. Dengan olahraga semacam ini, maka peredaran darah pada tubuh akan meningkat dan otomatis peredaran darah pada otak juga meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan fungsi otak. 

Selain itu, rutin berolahraga juga bisa membuat tidur anda menjadi lebih nyenyak dan pulas, hal ini bisa membantu menjaga fungsi otak.

2. Piknik
Jika pekerjaan anda selama ini menumpuk atau tersandung dengan beberapa masalah dan semuanya itu membuat anda stres, baiknya anda izin cuti terlebih dahulu dan adakan piknik. Dengan mengadakan tour atau piknik, beban di otak anda bisa berkurang dan stres yang anda alami bisa hilang.
Ketika anda stres, maka hormon  kortisol akan terbentuk. Dengan melakukan piknik, maka kota Anda diajak untuk refresh kembali dan melupakan semua masalah dan beban yang selama ini membebani otak. 

Kita haruslah ke tempat yang jauh dan menghabiskan biaya mahal. Cukup Anda kunjungi tempat yang bisa membuat anda senang atau tempat yang selama ini anda ingin singgahi.

3. Mengonsumsi Makanan yang bermutu
Ada beberapa makanan bermutu dan bergizi yang bisa meningkatkan kemampuan otak, tidak sulit dan tidak mahal kok. Semua ada di sekitar kita. misalnya buah-buahan, kacang-kacangan, sayur-sayuran, ikan, telur dan lain sebagainya, yang semua itu mengandung vitamin dan antioksidan bagi tubuh. Sebisa mungkin hindari junk food dan makanan pabrik.

4. Jangan Melakukan Suatu Pekerjaan Bersamaan
Akan ada salah satu yang dominan di antara dua aktivitas yang dilakukan sekaligus dalam masa bersamaan karena manusia memiliki keterbatasan. Sehingga sangat wajar sekali Jika  anda tidak bisa mengerjakan beberapa hal sekaligus. misalnya membaca buku sambil nonton film, menelpon sambil mengemudi dan lain sebagainya. 

Ketika anda melakukan beberapa aktivitas dalam waktu yang bersamaan, maka fokus dan konsentrasi otak anda akan terpecah sehingga hasilnya tidak akan maksimal. Oleh karena itu agar anda tidak mudah lupa dalam mengingat sesuatu, maka usahakan untuk tidak melakukan suatu pekerjaan secara bersamaan. Sehingga Anda bisa fokus

5. Mengasah Otak dengan TTS
Apabila anda sedang santai dan tak ada kerjaan Tidak ada salahnya anda mengasah otak dengan mengisi TTS, atau bermain game puzzle, bermain tebak-tebakan, dengan saudara atau kerabat ataupun bermain Apa sajalah yang bisa membuat otak anda berpikir.

Dengan mengisi TTS atau bermain game, maka otak anda terasah dan Tertatih untuk mengingat Sesuatu yang bermanfaat. Dengan begitu maka anda bisa menghilangkan kejenuhan dan mencegah stres.

6. Sering Membaca Buku
Membaca buku adalah cara termudah untuk meningkatkan daya ingat. Karena ketika anda sedang membaca tulisan yang ada di buku maka yang terjadi di otak adalah koordinasi antara mata dan otak dimana mata berfungsi sebagai penangkap data yang kemudian mengirim sinyal ke otak yang akan mengolah data yang masuk. 

Setelah menerima data yang masuk, kemudian otak akan mencocokkan data yang baru masuk dengan data yang yang pernah disimpan, maka dari itu jika kita sering membaca maka biasanya kita bisa membaca cepat dan mudah mengingat sesuatu.

Ketika anda melakukan aktivitas membaca ruang Tata dan dan letak dalam kondisi tenang nyaman tidak bising dan pencerahan ruang yang cukup terang sehingga aktivitas membaca bisa baik dan tidak merasa terganggu. 

Jika selama ini anda cara membaca buku maka untuk kedepannya anda biasakan membaca buku. 

Buku apa saja yang harus dibaca? 

Pilihlah yang anda sukai. Terserah mau buku apa saja

7. Menulis menulis
Terkesan sepele namun sepolo. Karena menulis sangat efektif untuk membantu membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Pada saat tangan anda beraktivitas mencoret-coret di atas lembaran kertas, otak akan merekam apa yang anda tulis di atas kertas. 

Di satu sisi, ide itu datangnya dari otak, sehingga tangan anda mau bergerak untuk menulis satu sisi yang lain ombak juga merekam apa yang Anda Tuliskan.

Aktivitas yang semacam ini bisa meningkatkan kapasitas memori otak sehingga bisa menambah kemampuan otak untuk mengingat atau menghafal sesuatu.

Tips nya adalah biasakan diri untuk selalu mencatat sesuatu kejadian, momen indah, jadwal meting, janji dan lain sebagainya.

8. Repetisi (mengulang hafalan)
Tips terakhir untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak adalah mengulang hafalan. Anda bisa membuat sebuah kesepakatan pada diri untuk menghafal sesuatu entah undang-undang. Al-Qur'an Al-Kitab, puisi, lagu dan lain sebagainya. Kemudian setelah anda hafalkan Coba anda ulangi hasil hafalan Anda tersebut di lain waktu. 

Setelah anda menghafalkannya anda bisa mengkaji, menganalisa bahkan memberikan kesimpulan mengenai Apa informasi yang tersirat dalam teks yang anda hafalkan tersebut. Setelah itu anda bisa mengulang hafalan tersebut di lain waktu.

Dengan cara menghafal dan mengulang hafalan, maka otak Anda akan menjadi Terlatih untuk mengingat sesuatu, dengan cara berlatih semacam ini, hal ini membiasakan otak Anda selalu on fire. Contoh sederhana adalah ketika berkenalan dengan seseorang, anda bisa mengulang-ulang namanya pada pikiran anda sehingga anda tidak lupa namanya.

9. Bersosialisasi
Menutup diri dari pergaulan bisa menimbulkan stress dan mudah lupa, untuk mengatasi semua maka keluarlah dan bersosialisasi lah dengan orang lain. Orang yang biasa mengisolasikan dirinya biasanya sering mengalami stres dan biasanya mudah lupa. Agar hal tersebut tidak terjadi pada anda  biasakan untuk bersosialisasi dan jalin  hubungan dan komunikasi dengan keluarga teman dan kolega.

10. Tertawa
Nah, setelah anda membuka diri dan mau bersosilisasi, anda bisa tertawa, karena tertawa sendirian itu berbahaya hehehe

Pada saat anda tertawa, terdapat ruang pada otak yang fungsinya untuk belajar dan berkreatifitas akan menjadi aktif . Untuk mengaktifkan ruang tersebut baiknya anda meluangkan waktu untuk bercanda bersama teman, saudara dan kenalan. Atau bisa juga menonton film yang lucu-lucu.

Beraktifitas tertawa ini lebih di anjurkan lagi ketika anda merasa jenuh, hal ini untuk menanggulangi otak anda masuk pada fase stres.

Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Secara Alami

Suhu X rasa Cukup sekian tips meningkatkan daya ingat dan konsentrasi secara alami kali ini. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Secara Alami"

Berlangganan via Email