Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan Anda, Sunguh Luar Biasa

Jalan Kaki itu Menyehatkan

Jalan Kaki Sangat disarankan oleh para ahli dan para dokter, demi menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh, Terutama di pagi hari.

Jika melihat manfaat yang bisa di dapat dari jalan kaki yang begitu banyak (penjelasannya di bawah), mungkin akan banyak orang yang lebih memilih jalan kaki di pagi hari dari pada tidur dan bermalas-malasan di pagi hari, Akan tetapi banyak orang memunculkan berbagai macam alasan, demi membela "kemalasan" diri. Jadi malaslah kendala utama seseorang dalam menyehatkan tubuhnya.

Kenapa harus di pagi hari?

Ya...  Karena waktu tersebut udara masih segar, tidak ada polusi, tidak panas dan jalanan tidak macet dan lain sebagainya.

Sebuah penelitian mengenai olahraga jalan kaki menyebutkan bahwa olahraga jalan kaki bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Hasil penelitian tersebut memberikan sebuah kesimpulan bahwa olahraga jalan kaki yang dilakukan setidaknya 20 hingga 25 mil dalam 1 minggu, cenderung memiliki usia yang lebih lama jika dibandingkan dengan mereka yang jarang berjalan kaki.

So, semua terserah anda, Ingin panjang umur? Jangan lupa olahraga jalan kaki. :)

Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan Anda

Berikut ini Suhu X paparkan Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan anda.


20. Manfaat yang akan anda dapatkan melalui olahraga jalan kaki, diantaranya :


1. Jalan Kaki dapat Menguatkan otot

Manfaat pertama dari jalan kaki adalah kuatnya otot. Karena badan dan otot anda akan bergerak ketika berjalan kaki. Jadi sudah pasti otot-otot jadi menguat, terutama otot kaki, otot paha, dan bokong.

2. Jalan Kaki Mencegah osteoporosis

Kalsium dan vitamin D sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena berfungsi untuk kekuatan tulang. Di samping itu, gerakan kaki juga berkontribusi dalam penguatan tulang, gerakan kaki ini bisa memberikan kontribusi pada penguatan tulang apabila anda berjalan minimal 1.000 langkah dalam setiap hari.
"Dengan membiasakan olah raga jalan kaki setiap hari, maka tulang anda akan terhindar dari osteoporosis".
Jalan kaki di pagi hari juga memberikan 2 manfaat sekaligus untuk pencegahan osteoporosis, yaitu jalan kaki itu sendiri, kedua ketika jalan kaki di pagi hari maka tubuh terkena sinar matahari.
Bila anda rutin berjalan kaki di pagi hari, maka tulang anda akan memiliki resiko kecil terkena masalah osteoporosis.

3. Jalan Kaki Melancarkan sirkulasi darah

Detak jantung akan mengalami peningkatan dan lebih cepat berdetak ketika anda berjalan. Hal ini akan membuat darah terpompa lebih meluas dan menyebar ke seluruh tubuh, sehingga akan membuat sirkulasi darah dalam tubuh tetap terjaga dengan baik.

4. Jalan Kaki Mengontrol gula darah

American Medical Association pernah melakukan sebuah penelitian tentang perilaku orang-orang yang sering berjalan kaki, hasil dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa sering melakukan latihan jalan kaki setiap pagi hasilnya akan meningkatkan kemungkinan untuk menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh.

5. Jalan Kaki bisa Menurunkan Berat badan

Kelebihan berat badan memang membuat penampilan dan style jadi kurang PD. Di samping itu bisa meningkatkan resiko yang tinggi untuk terkena penyakit. Untuk mencegah masalah tersebut anda cukup membiasakan diri berjalan kaki setiap pagi, karena kebiasaan berjalan kaki bisa membakar kalori.

6. Jalan Kaki Menjaga kesehatan jantung

Bila anda menginginkan Jantung yang sehat dan selalu optimal dalam berdetak sehingga mampu mengirimkan sirkulasi darah menyebar keseluruhan tubuh. Maka biasakan diri berjalan kaki setiap hari. Kebiasaan berjalan kaki "yang dilakukan setiap pagi" bisa mencegah serangan jantung.

Dengan memiliki jantung yang sehat, anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menjaga kesehatan jantung anda, karena jantung anda sudah sehat berkat kebiasaan jalan kaki setiap hari.

7. Jalan Kaki Menyehatkan paru-paru

Berjalan kaki dengan langkah yang sedikit lebih cepat, memberikan dampak positif bagi kesehatan fungsi organ paru-paru, terutama lagi ketika aktivitas ini dilakukan di pagi hari, hal ini karena udara pagi masih segar dan bersih serta bebas dari asap polusi.

8. Jalan Kaki Menurunkan Tekanan Darah

Orang yang rutin berjalan di pagi hari akan mendapatkan manfaat berupa tekanan darahnya menjadi turun, dan ini bisa mengurangi tingkat kepekatan darahnya. Dengan demikian, kebiasaan olahraga jalan kaki bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah. Karena bahaya darah kental / penggumpalan darah menyebabkan pembuluh darah menjadi tersumbat.

9. Jalan Kaki Menurunkan Kolesterol

Aktivitas berjalan kaki di pagi hari akan meningkatkan jumlah kolesterol yang baik, hal ini akan penyerap jenis kolesterol yang jahat.

10. Jalan Kaki Mencegah Diabetes

Jika anda rutin melakukan olah raga jalan kaki, maka kadar gula dalam tubuh akan terkontrol dan seimbang, dengan terjaganya kadar gula darah dalam tubuh maka secara tidak langsung akan mencegah resiko penyakit diabetes.

National Institute of Diabetes and Gigesive and Kidney Diseases, memaparkan hasil penelitian dan menegaskan bahwa berjalan kaki dengan kecepatan 6 km/ jam dan dilakukan selama 50 menit saja bisa menekan resiko penyakit diabetes.

11. Jalan Kaki Menjaga kebugaran dan Kekebalan Tubuh

Kebiasaan berjalan kaki yang dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan mengoptimalkan sistem pernapasan. Dengan begitu, hal ini bisa menjadi protek diri kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

12. Jalan Kaki dapat Meningkatkan metabolisme tubuh

Walau orang yang terbiasa jalan kaki dalam kondisi diam dan tidak bergerak, kebiasaannya berjalan kaki setiap pagi tetap memiliki peningkatan terhadap metabolisme.

13. Membakar lemak dalam tubuh

Minimal selama 20 menit dalam setiap hari, jalan kaki bisa membakar setidaknya 7 pounds lemak dalam tubuh. Luar biasa bukan?

14. Jalan kaki Membantu Otak melepaskan hormon endorfin

Endorfin adalah hormon senyawa kimia yang dapat membuat seseorang merasa bahagia. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pituitary yang letaknya berada di bagian bawah otak.

Disebutkan bahwa hormon Endorfin bisa memberikan efek yang setara dengan 200 kali dari efek yang diberikan oleh morfin, yaitu menimbulkan perasaan bahagia, nyaman dan memberikan energi tambahan.

15. Jalan Kaki Meningkatkan kekuatan konsentrasi

Dengan rutin berjalan kaki, maka asupan darah ke otak menjadi lancar, dengan begitu maka kinerja otak selalu optimal, sehingga menjadi lebih waspada. Dengan optimalitas ini maka akan semakin kuat otak untuk berkonsentrasi.

16. Jalan kaki Mencegah Stroke

Sebuah penelitian terbaru mengenai perilaku kebiasaan berjalan kaki yang dilakukan setidaknya 20 jam dalam seminggu, hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa jalan kaki bisa menurunkan resiko penyakit stroke sebanyak 2-3 kali.

Kita yang tidak ikut meneliti tak akan tau secara pasti. Tapi kita bisa lihat bukti dari orang-orang tua kita dulu. Jarang sekali ditemukan orang-orang tua kita dulu yang terkena penyakit stroke. Hal ini dikarenakan pada masa itu sebagian besar masyarakat berjalan kaki ketika bepergian kemana-mana (transportasi masih minim).

17. Jalan Kaki Mencegah kepikunan

Memasuki usia 65 tahun ke atas, seseorang rentan atau cenderung mengalami kepikunan. Akan tetapi dengan memiliki kebiasaan berjalan kaki setiap pagi, maka hal itu bisa mengurangi resiko pikun sebesar 40%, bahkan lebih dari itu, aktivitas jalan kaki di pagi hari bisa menjaga fungsi otak.

18. Jalan Kaki Membuat Seperti Melakukan Meditasi

Berjalan kaki di pagi hari bisa memberikan manfaat seperti manfaat yang bisa didapat dari yoga. Angin pagi nan segar yang menyentuh tubuh akan menstimulasi tubuh sehingga tubuh memancarkan energi positif. Kondisi ini bisa menghilangkan masalah yang berhubungan dengan mental, misalnya stress, depresi.

19. Jalan Kaki Membuat kualitas tidur jadi baik

Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, melakukan sebuah penelitian terkait olahraga di pagi hari, kesimpulan dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa olahraga yang dilakukan pada pagi hari seperti berjalan kaki, bisa meningkatkan kemungkinan untuk tidur nyenyak pada malam hari.

20. Jalan kaki bisa Mencegah Jerawat

Bukan hanya manfaat bagi organ tubuh dalam saja yang bisa diperoleh dari aktivitas jalan kaki yang rutin dilakukan di pagi hari, tapi juga kesehatan luar tak luput dari jangkauan manfaat.

Kebiasaan berjalan kaki juga bisa menjaga kesehatan kulit, bahkan lebih dari itu, yaitu meningkatkan kualitas kulit, sehingga secara otomatis hal ini akan berkontribusi dalam mencegah munculnya jerawat pada wajah.

Alasan ilmiahnya adalah berjalan kaki di pagi hari bisa membuat kulit anda bernapas lebih baik, karena kualitas oksigen di waktu pagi hari sangat bagus, dan hal ini bisa membantu melembabkan kulit.

Ketika tubuh anda mengeluarkan keringat di saat anda sedang berjalan, maka pori-pori kulit akan menjadi terbuka, dan hasilnya akan anda lihat dan rasakan dalam beberapa hari kemudian, kulit anda akan menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

Mungkin cukup sekian dulu ulasan dari Suhu X mengenai manfaat jalan kaki kali ini. Intinya adalah jalan kaki bukan hanya suatu aktivitas dan interaksi biasa semata, tapi lebih dari itu, yaitu aktivitas ini bisa membantu menjaga kesehatan anda.

Post a Comment for "Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan Anda, Sunguh Luar Biasa"

Berlangganan via Email